Doa Agar Selamat dan Tak Tersesat Ketika Mendaki Gunung

Ilustrasi mendaki gunung (Foto: Istimewa)
Ilustrasi mendaki gunung (Foto: Istimewa)

DepokToday- Mendaki gunung adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan sekaligus menantang. Pada setiap perjalanan yang dilalui untuk sampai ke puncak, akan ada banyak pengalaman menarik dan biasanya akan menjadi kisah tersendiri bagi para pendaki.

Namun demikian, mendaki gunung tidak bisa sembarangan. Dibutuhkan berbagai macam persiapan yang matang. Mulai dari perlengkapan, mental, dan fisik. Selain itu, bagi pendaki pemula, sebaiknya ditemani oleh orang yang berpengalaman.

Hal lain yang tak kalah penting dari sederet persiapan tersebut adalah doa. Ini menjadi wajib lantaran tak ada satupun yang tahu risiko di balik perjalanan tersebut.

Doa Ketika Mendaki Gunung

Dilansir dari jnewsonline.com, berikut ini sejumlah rangkaian doa mendaki gunung yang bisa dipelajari sebelum mendaki.

1.Doa Sebelum Mendaki Gunung

Doa berikut ini bisa kamu baca sebelum kamu melakukan perjalanan untuk mendaki gunung atau di saat kamu melakukan persiapan mendaki gunung. Tujuannya tentu saja untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT selama perjalanan dari rumah menuju tempat pendakian.

Berikut lafal doanya: بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

Bismilaahi tawakkaltu alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja.”

Baca Juga: Kisah Nyata Pendaki Gunung Salak, Bawa Teman Kesurupan

Ilustrasi pegunungan (Foto: Istimewa)
Ilustrasi pegunungan (Foto: Istimewa)

2.Doa Ketika Mendaki

Setelah tadi kita telah membaca doa sebelum melakukan perjalanan atau tepatnya ketika masih berada di rumah, berikut ini adalah bacaan doa ketika kita mulai mendaki gunung. Bacaan doa ini tercantum dalam Surat Al Hasyr ayat 21.

Berikut lafal doanya: لَوْ أَنزَلْنَا هَٰذَا الْقُرْآنَ عَلَىٰ جَبَلٍ لَّرَأَيْتَهُ خَاشِعًا مُّتَصَدِّعًا مِّنْ خَشْيَةِ اللَّهِ ۚ وَتِلْكَ الْأَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ

Lau anzalna hadzal qurana ala jabalin lara-aitahu khasyian mutashaddian min khasy-yatillah, watilkal amtsalu nadlribuha lin nasi laallahum yatafakkarun.

Artinya: “Kalau sekiranya Kami turunkan Al Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah SWT. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berpikir.”

Doa Agar Tak Tersesat di Gunung

3.Doa Memasuki Hutan

Selain dua doa yang sudah disebutkan di atas, ada juga doa memasuki wilayah baru. Doa ini juga cukup penting dibaca karena ketika kita mendaki, pastinya kita memasuki wilayah baru. Doa ini juga bisa menjadikan pertolongan agar terhindar dari hal-hal buruk, sebagaimana diajarkan oleh HR. Hakim dan Ibu Hikam.

Berikut lafal doanya:

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَمَا أَظْلَلْنَ وَرَبَّ الأَرَضِينِ السَّبْعِ وَمَا أَقْلَلْنَ وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضْلَلْنَ وَرَبَّ الرِّيَاحِ وَمَا ذَرَيْنَ فَإِنَّا نَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذِهِ الْقَرْيَةِ وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا

Allaahumma rabbas samaawaatis sabi wamaa adhlalna wal aradiinas sabi wamaa aqlalna warabbasy syayaathiini wamaa adhlalna warabbar riyaahi wamaa dzaraina as-aluka khaira haadzihil qaryati wakhaira ahlihaa wakhaira maa fiihaa, wanauudzu bika min syarri haa wa syarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

Artinya: “Ya Allah, Rabb pemilik tujuh langit dan apa yang dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para setan dan apa yang disesatkannya dan Rabb angin dan apa yang dihembuskannya, aku mohon kepada-Mu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang ada di dalamnya.

Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya serta keburukan yang ada di dalamnya.

Nah itulah sederet doa yang bisa dibaca sebelum melakukan aktivitas pendakian. Ingat, selama di gunung harus bertindak sewajarnya. Jangan bersikap semena-mena, jaga lisan dan perbuatan. Selain itu, tetap jaga kebersihan ya. (rul/*)