DLHK Depok Dorong Masyarakat Bentuk Bank Sampah

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Etty Suryahati. (Istimewa)
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Etty Suryahati. (Istimewa)

DEPOK – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan alias DLHK Kota Depok meminta masyarakat dapat mengelola sampahnya secara mandiri melalui pembentukan Bank Sampah.

Kepala Dinas DLHK Kota Depok, Etty Suryahati mengatakan, upaya tersebut dilakukan untuk mengatasi permasalahan sampah di Kota Belimbing ini.

“Berdasarkan data terakhir, jumlah Bank Sampah mencapai 319 kelompok yang tersebar di 63 kelurahan, kami terus berusaha menambah jumlah BS di Kota Depok,” kata Etty seperti dikutip laman resmi Pemkot Depok, Selasa 8 Juni 2021.

Baca Juga : DLHK : Janji Akan Wujudkan Depok Kota Berketahanan Iklim

Etty mengatakan, bank sampah masih menjadi solusi untuk pengentasan persoalan sampah di Kota Depok, pasalnya melalui bank sampah, warga melakukan pemilahan sampah sehingga jumlah sampah yang terbuang ke TPA bisa terkurangi.

“Pemerintah Kota (Pemkot) berhasil melakukan pengurangan sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir  (TPA) Cipayung sebanyak 30 persen. Hal ini karena sebagian masyarakat sudah melakukan pemilahan sampah,” kata Etty.

Baca Juga : Alat Pengukur Kualitas Udara Hingga Peringatan Gempa Ada di Depok

Lebih jauh Etty mengatakan, pihaknya juga mendorong terbentuknya Unit Pengolahan Sampah (UPS) di tiap kelurahan, dan saat ini sudah ada 30 UPS organik dan akan terus dioptimalkan.

“Yang baru saja dioperasionalkan adalah pengolahan sampah setempat menjadi bahan bakar atau palet pengganti kayu bakar. Mudah-mudahan upaya ini bisa mengurangi produksi sampah dari masyarakat yang masuk ke TPA Cipayung,” pungkas Etty. (ade/*)