Diuji Coba, Vaksin Pfizer Dinilai Aman untuk Anak 5-11 Tahun,

Ilustrasi vaksin booster untuk pejabat (Istimewa)
Ilustrasi vaksin booster untuk pejabat (Istimewa)

DepokToday – Pihak Pfizer mengatakan jika vaksinnya telah berfungsi secara baik bagi anak berusia 5-11 tahun. Vaksin yang dibuat bersama rekanan Pfizer yaitu BioNTech telah diuji dalam serangkaian percobaan.

Melansir dari Saura.com, Pfizer menguji dosis yang jauh lebih rendah yaitu sepertiga dari jumlah biasanya.

“Setelah dosis kedua, anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun mengembangkan tingkat antibodi penangkal virus corona sama kuatnya dengan remaja dan dewasa muda yang mendapatkan suntikan kekuatan reguler,” kata Dr. Bill Gruber, wakil presiden senior Pfizer, mengatakan kepada The Associated Press.

Dosis anak juga terbukti aman, dengan efek samping sementara yang hampir serupa dengan yang terjadi pada orang dewasa. Anak-anak biasanya mengalami sakit lengan, demam, atau pegal-pegal.

Baca Juga: Ganjil Genap di Depok Berlaku Oktober, Netizen: Masih Ingat Tuhan?

Gruber mengatakan bahwa Pfizer bertujuan untuk mengajukan persetejuan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) untuk perizinan.

Pada awal bulan ini, kepala FDA Dr. Peter Marks mengatakan bahwa setelah Pfizer menyerahkan hasil studinya, agensinya akan mengevaluasi data.

“Semoga dalam hitungan minggu [dapat] memutuskan apakah suntikan itu aman dan cukup efektif untuk anak-anak yang lebih muda,” ujar Marks.

Tersedianya vaksin yang aman dan efektif, salah satunya vaksin Pfizer untuk anak-anak bisa menjadi harapan baru untuk kembalinya usia ini ke sekolah. (lala/*)