Disperdagin Depok : Pada Tanggal Ini Lagu Indonesia Raya Harus Diputar

Suasana saat pemutaran lagu Indonesia Raya di Pasar Cisalak, Kota Depok. (Istimewa/Disperdagin Depok)
Suasana saat pemutaran lagu Indonesia Raya di Pasar Cisalak, Kota Depok. (Istimewa/Disperdagin Depok)

DEPOK – Dinas Perdagangan dan Perindustrian atau Disperdagin Kota Depok memiliki kebijakan baru untuk membangkitkan semangat masyarakat dari dampak COVID-19 yang sudah melanda Indonesia selama 1 tahun lebih, yaitu memutar lagu Indonesia Raya setiap tanggal 17.

 

Kebijakan itu berlaku bagi seluruh pelaku usaha mulai dari pasar rakyat, pusat perbelanjaan dan toko modern yang tersebar di Kota Depok.

 

“Ini idenya dari pak Wali Kota (untuk) bagaimana menanamkan semangat nasionalisme dan semangat untuk bangkit dari dampak COVID-19,” kata Kepala Disperdagin Kota Depok, Zamrowi Hasan, dikonfirmasi, Senin 24 Mei 2021.

 

Zamrowi mengatakan, kebijakan baru tersebut sudah dimulai bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2021 lalu. “Alhamdulillah ternyata disambut baik oleh tematn-teman pengelola pasar rakyat, pusat perbelanjaan dan toko modern di Kota Depok,” kata Zamrowi.

Baca Juga : Produk UMKM Jabar Bisa Dipasarkan di Hotel Berbintang

Zamrowi mengatakan, ketika lagu Indonesia Raya dikumandangkan, masyarakat maupun pegawai yang sedang ada di lokasi wajib berdiri tegak dengan sikap hormat dan menghentikan kegiatannya sementara hingga lagu selesai diputar.

 

“Hampir semua (pusat perbelanjaan) sudah melakukan, Insyaa Allah akan kita rutinkan paling tidak setiap tanggal 17,” kata Zamrowi.

Disperdagin Depok Sebut Lima Pasar Putar Indonesia Raya

Sementara itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyebutkan alasan dirinya mengajak para pedagang pasar tradisional dan modern untuk memutarkan lagu Indonesia Raya, untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam diri.

 

“Saya mengajak masyarakat Depok termasuk pelaku usaha untuk membangkitkan Gerakan Indonesia Raya Bergema,” kata Mohammad Idris, seperti dilansir situs resmi Pemkot Depok, Jumat 21 Mei 2021.

 

Idris mengatakan, langkah awal pemutaran lagu Indonesia Raya, sudah dilakukan secara serentak di lima pasar tradisional dan pusat perbelanjaan di Kota Depok, saat Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021.

 

“Pemutaran lagu ini, sebagai upaya  menginternalisasi konten nilai semangat bela negara, seperti yang dicantumkan dalam lagu kebangsaan Indonesia tersebut,” kata Idris.

 

Idris menambahkan, lagu Indonesia Raya sudah menjadi komitmen bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu, dirinya berharap, makna yang tercantum dalam lagu ini dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

“Dengan cara ini, kita dapat melanjutkan estafet kemerdekaan yang diraih dan diperjuangkan pahlawan untuk Indonesia yang merdeka dan merdesa,” pungkasnya. (ade/*)