Disemprot Kemendagri Soal Layanan e-KTP, Disdukcapil Depok Berkelit

Disdukcapil Depok (Istimewa)
Disdukcapil Depok (Foto: Istimewa)

DepokToday- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melayangkan teguran keras pada Disdukcapil Depok lantaran menolak melayani percetakan e-KTP bagi warga luar.

Terkait hal itu, Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh menilai Disdukcapil Kota Depok melakukan pelanggaran. Sebab, menurutnya, pencetakan e-KTP boleh dilakukan di luar daerah domisili.

“Saya dapat pengaduan ada orang luar daerah memohonkan rekam-cetak KTP-el luar domisili di Kota Depok, tapi ditolak petugas setempat. Dikatakan bahwa bila ingin melakukan rekam-cetak KTP-el di Kota Depok harus pindah menjadi warga Kota Depok,” katanya dikutip dari CNNIndonesia pada Jumat5 November 2021.

Menanggapi hal itu, Kadisdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widiyati menegaskan, pihaknya tidak melakukan pelanggaran sepertin yang dituduhkan.

Baca Juga: 19 Sekolah Dapat Penghargaan Adiwiyata, Ini Daftarnya

Menurutnya, yang persoalan ini hanya miskomunikasi antara warga yang mengajukan permohonan rekam-cetak dengan staf Disdukcapil yang menerima permohonan.

“Bukan penolakan. Staf hanya menyarankan proses pindah ke Depok agar lebih mudah pengurusan administrasi kependudukannya,” katanya.

Dalih Disdukcapil Depok

Ia mengungkapkan, persoalan itu dimualai saat seorang warga Kutai, Kalimantan Timur mengajukan cetak ulang e-KTP melalui layanan WhatsApp.

Namun diduga, karena tafsir atas usul Staf Disdukcapil yang menanggapi, warga tersebut melapor ke Dirjen Dukcapil Kemendagri.

“Entah Dia kuliah atau kerja di Depok. Tapi dia minta cetak ulang karena KTP nya hilang,” ujarnya.

Baca Juga: Disikat Polisi, Rupanya Begini “Gaya Main” Curanmor di Depok

Menurutnya, warga yang komplain ke Kemendagri mengajukan permohonan pada Kamis 4 November 2021.

Terkait hal itu, Disdukcapil Depok sudah meluruskan kesalahpahaman yang terjadi. Bahkan, kata Nuraeni, KTP yang bersangkutan sudah dicetak dan diambil.

“Alhamdulillah masalahnya sudah diselesaikan dalam satu hari,” katanya.

Baca Juga: Digulung Anak Buah Kombes Imran, Ternyata Ini Biang Kerok Tawuran Maut di Depok

Dia memastikan, Disdukcapil Depok siap menerima rekam-cetak e-KTP warga dari luar daerah.

Bahkan, Nuraeni mengklaim, pihaknya biasa mengurus pencetakan e-KTP warga Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Tinggal ajukan saja lewat layanan whatsapp,” paparnya. (rul/*)