Disebut Program Penting, Idris Klaim Perbaikan Jaling Sudah Segini

Wali Kota Depok, Mohammad Idris secara resmi membatalkan pembelajaran tatap muka di Kota Depok. (DepokToday.com)
Wali Kota Depok, Mohammad Idris secara resmi membatalkan pembelajaran tatap muka di Kota Depok. (DepokToday.com)

DepokToday – Sejak 2016 hingga 2020, perbaikan jalan lingkungan atau jaling di Kota Depok lewat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) diklaim telah mencapai sepanjang 843,2 kilometer (km).

Melansir dari situs Depok.go.id, pada Senin 11 Okteber, Wali Kota Depok, Mohammad Idris menjelaskan, perbaikan jalan yang membentang sekitar 843,2 km tersebut merupakan jaling yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kota Depok.

“Kita akan menuntaskan semua jalan-jalan lingkungan yang sudah rusak,” ujar Mohammad Idris.

Idris menyebutkan, upaya perbaikan jalan menjadi program utama dirinya  dalam upaya mensejahterakan warga Kota Depok. Karena itu, pihaknya akan mendorong secara konsisten pembenahan infrastruktur di Kota Depok.

“Pembangunan dilakukan agar lebih menyentuh kebutuhan masyarakat, di antaranya,pembangunan infrastruktur, jaling, jalan setapak dan turap penahan tanah serta sarana kesehatan dan pendidikan warga,” ungkapnya.

Baca Juga: Viral, Kakak Adik Berebut Bayar Tagihan RS Ortu, Warganet: Berebut Tiket Surga

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR, Citra Indah Yulianty menuturkan, tahun ini pihaknya menargetkan sekitar 771 ruas jaling untuk dilakukan pembangunan. Dengan total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 100.402.614.716.

Baca Juga: Gerombolan Bang Jago Sedih Digulung Tim Jaguar, Tadinya Tengil

“Jaling yang belum dilakukan dibangun nanti kami masukan ke anggaran berikutnya,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Citra, sudah banyak jaling di Kota Depok yang teraspal. Tinggal sebagian kecil saja yang belum diaspal.

Berdasarkan data jalan Dinas PUPR Kota Depok, total panjang jalan Kota Depok sejak 2016 adalah 1.957,93 km.

Terdiri dari jalan arteri Kota Depok sepanjang 78,57 km, kemudian jalan kolektor Kota Depok sepanjang 159,11 km dan jaling Kota Depok sepanjang 1.720,25 km. Sedangkan, Kota Depok memiliki 10.227 ruas jalan. (lala/*)