Disdukcapil Kota Depok Ditutup Sampai 5 Juli, Ini Sebabnya

Pengumuman Disdukcapil Depok ditutup sementara (DepokToday.com)
Pengumuman Disdukcapil Depok ditutup sementara (DepokToday.com)

MARGONDA- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil, Kota Depok terpaksa menutup sementara layanan atau operasional secara langsung akibat sejumlah pegawainya terpapar COVID-19.

Penutupan berlaku mulai 1 hingga 5 Juli 2021. Pelayanan akan dibuka kembali pada Selasa, 6 Juli mendatang.

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widayatti mengatakan, pelayanan dihentikan sementara untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 di lingkungan instansi pemerintah tersebut. Sebanya, terdapat sejumlah pegawai yang terpapar virus berbahaya itu.

“Pelayanan tatap muka dan via WhatsApp ditutup. Namun proporsi pegawai yang masuk sesuai dengan SK Wali Kota  tentang Perpanjangan  Kedelapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang terbaru. Yakni 25 persen bekerja di kantor dan 75 persen di rumah,” katanya, Rabu 30 Juni 2021.

Namun demikian, Nuraeni menjamin, pelayanan dokumen kependudukan yang ada di kelurahan tetap berjalan seperti biasa. Warga juga dapat menghubungi nomor WhatsApp 0811-166-864 untuk mendapatkan informasi terkait dokumen kependudukan.

“Jika ada keperluan mendesak seperti legalisir tetap akan dilayani karena ada 25 persen petugas yang masuk,” ujarnya.

Pegawai Disdukcapil Depok Terpapar, Ini Cara Isoman

Kasus penambahan pasien COVID-19 yang masih melonjak membuat ruang perawatan dan isolasi penuh di rumah sakit. Untuk menyiasatinya, pasien yang tidak memiliki gejala bisa melakukan isolasi mandiri atau isoman di rumah

Akun Instagram Kemenkes RI membagikan cara yang tepat untuk melakukan isoman di rumah. Bagi yang tidak memiliki gejala, bisa melakukan isolasi selama sepuluh hari di kamar yang terpisah. Segera melakukan isolasi setelah diketahui positif COVID-19

Selain itu, kamar juga harus memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik di dalam rumah. Mereka yang isoman juga dianjurkan menggunakan alat makan sendiri dan alat mandi sendiri.

Berikutnya, yang isoman juga harus gunakan masker dan selalu cuci tangan lebih sering, hindari kontak dengan orang lain. Baca selengkapnya di sini: Isoman Bagi Pasien Tanpa Gejala, Ini Tata Caranya Menurut Kemenkes (rul/*)