Disdik Depok Tunggu Hasil Sekolah Percontohan Sebelum PTM

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menyebut saat ini Disdik sedang menyiapkan sekolah percontohan sebelum sekolah tatap muka dibuka secara serentak di Kota Depok. (Depoktoday.hops.id)
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menyebut saat ini Disdik sedang menyiapkan sekolah percontohan sebelum sekolah tatap muka dibuka secara serentak di Kota Depok. (Depoktoday.hops.id)

MARGONDA- Dinas Pendidikan atau Disdik berencana menyiapkan sekolah percontohan sebelum pembelajaran tatap muka (PTM) pada massa pandemi COVID-19 resmi dibuka secara umum.

Dengan demikian, Pemerintah Kota melalui Disdik Depok belum memberikan keputusan sekolah lain melaksanakan PTM pada tahun ajaran baru nanti.

“Jadi Juli nanti belum ada sekolah yang menggelar PTM selain sekolah-sekolah percontohan yang ditunjuk pemerintah. Kita inginnya membuat sekolah percontohan. Lihat dulu 2-3 bulan, kalau sudah bagus, akan kita terapkan ke semuanya,” kata Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono dikutip pada Sabtu 5 Juni 2021.

Untuk sementara, pihaknya hanya akan membuka dua sekolah percontohan dan itu akan dikaji oleh Disdik Depok bersama pihak terkait. Namun Imam mengaku belum bisa menyebut atau memastikan sekolah mana yang akan ditunjuk nanti.

“Rencananya 2 SD, 2 SMP, negeri dulu. Kemarin kita baru diskusi saja, menyiapkan, kepala dinas sedang melihat sekolah mana yang paling pas,’ jelasnya.

Baca Juga: Catat, Disdik Depok Buka Jalur Khusus untuk Siswa SMP Prasejahtera

Syarat Disdik Depok

Politikus PKS itu berharap, sekolah percontohan ini dapat melakukan simulasi pembelajaran tatap muka dengan fasilitas sanitasi yang lengkap, antisipasi penyebaran COVID-19 yang baik, serta menyiapkan Satgas.

Tak hanya itu, syarat utama adalah seluruh tenaga pendidikan wajib telah menjalani vaksinasi.

Apabila ditemukan ada yang sakit, maka penelusuran kontak harus dilakukan secara masif di sekolah itu.

“Dan ada aplikasi di mana semua pelaku pendidikan itu terlibat: orangtua, murid, guru dan lain sebagainya. Ketika salah satu murid sakit, semua orangtua tahu bahwa ada murid yang sakit,” katanya.

Vaksinasi Tenaga Pendidik

Diberitakan sebelumnya, Disdik Kota Depok sedang berupaya keras memenuhi berbagai persyaratan jelang diberlakukannya pembelajaran tatap muka. Salah satu syarat dari program itu adalah vaksinasi tenaga pendidik.

Untuk tenaga pendidik di Kota Depok, jumlah vaksin yang disiapkan sebanyak 18 ribu dosis. Penerimanya bukan hanya guru, tapi juga unsur TU, penjaga perpustakaan, hingga penjaga sekolah.

“Sampai saat ini yang sudah divaksin 3.500 orang, ditambah sekarang 2.000 orang, mudah-mudahan bisa di atas 5.500 orang pada hari ini,” kata Kepala Disdik Kota Depok, M. Thamrin saat ditemui di lokasi vaksinasi tenaga pendidik di SMPN 11 Depok pada Kamis 22 April 2021. (rul/*)