Dinkes Harus Sediakan Layanan Check Up Corona Gratis

Tati Rachmawati.(DepokToday/Ahi)

SUKMAJAYA-Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa-Partai Solidaritas Indonesia (PKB-PSI), Tati Rachmawati, mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes), harus menyediakan pelayanan check up virus corona secara gratis.

“Meliburkan sekolah sudah tepat. Surat edaran kemarin seharusnya lebih lengkap. Alangkah baiknya pemkot juga memberikan informasi layanan chek up kesehatan gratis. Kebijakan seperti ini yang berdampak langsung ke masyarakat,” terang Tati saat ditemui di kantor Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Depok, kawasan Grand Depok City (GDC), Kecamatan Sukmajaya, Rabu (18/3/2020).

Tati menuturkan, layanan chek up kesehatan dinilai penting. Pasalnya, kata dia, langkah ini bagian dari pencegahan penularan virus Corona yang wajib dilakukan oleh tim medis Pemkot Depok.

“Di Dinas Kesehatan itu ada tim Gerak Cepat (TGC), seharusnya bisa memanfaatkan semua sumber daya manusia medis. Begitu juga layanan kesehatan di tingkat Kecamatan, diberi tugas memberi layanan Chek Up,” paparnya.

Menurutnya, berdasarkan surat edaran tersebut seharusnya seluruh dinas terkait mempunyai kebijakan turunan. Dengan begitu, lanjutnya, menunjukkan kepada masyarakan bahwa pemerintah benar-benar hadir memberi solusi dan menenangkan.

“Ya melibatkan semua, khususnya dinas yang bermitra dengan Komisi D. Contoh di bidang keagamaan, mengintruksikan Bersih-bersih tempat ibadah. Begitu juga dinas Pendidikan harusnya memberi pesan kepada kepala keluarga harus ngapain selama libur,” katanya

Sebagaimana diketahui, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, pada Sabtu,14 Maret 2020 telah menggeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 443/-Huk/Dinkes Tentang Tindak Lanjut Pencegahan Penyeberan Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Depok.

Di dalamnya terdapat beberapa langkah yang diambil diantaranya meliburkan sekolah, peniadaan Car Free Day, pemberhentian layanan Posyandu dan Pos Pelayananan Terpadu (Pospindu) serta Kegiatan olahraga selama dua pekan.

(ahi)