Dinas Tenaga Kerja Depok Pastikan Ada Kenaikan UMK Tahun Ini

Kepala Disdik Depok Mohammad Thamrin. Pada PPDB kali ini menyediakan layanan link. (Istimewa)
Kepala Disdik Depok Mohammad Thamrin. Pada PPDB kali ini menyediakan layanan link. (Istimewa)

DepokToday – Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Depok, Mohamad Thamrin menyebut, sedang menyiapkan formula kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota atau UMK dan bakal disampaikan pada Senin 22 November 2021 mendatang.

“Kami akan sampaikan rekomendasi formula upah minimum di Kota Depok tahun 2022 kepada Bapak Wali Kota Depok, Mohammad Idris pada Senin 22 November 2021,” kata Thamrin dikutip situs resmi Pemkot Depok, Sabtu 20 November 2021.

Thamrin mengatakan, nantinya setelah formula itu disampaikan, Wali Kota Depok Mohammad Idris tinggal menerbitkan keputusannya sebagai penanda kenaikan UMK di Kota Depok.

Thamrin melanjutkan, terdapat sejumlah pertimbangan yang menentukan kenaikan UMK. Salah satunya, perhitungan UMK berdasarkan formula yang terdapat dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

“Setiap tahun pasti ada kenaikan. Namun, untuk tahun ini tidak besar, karena terdapat perbedaan aturan dari tahun sebelumnya,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk penetapan UMK saat ini berdasarkan formula yang terdapat dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Undang-undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Sedangkan sebelumnya, menggunakan PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

“Tentunya rekomendasi yang disampaikan tidak boleh keluar dari PP Nomor 36 Tahun 2021,” katanya.

Selain formula dari PP tersebut juga terdapat pertimbangan dari BPS. Di antaranya, rata-rata pendapatan per kapita, biaya konsumsi setiap rumah tangga dan anggota rumah tangga yang bekerja di setiap rumah. (ade/*)