Dimulai, Ini Syarat dan Jenis Vaksinasi COVID Warga Disabilitas di Depok

Program vaksinasi Polri disambut antusias warga Depok. (DepokToday.com)
Program vaksinasi Polri disambut antusias warga Depok. (DepokToday.com)

DepokToday – Vaksinasi kepada warga disabilitas mulai dilaksanakan Pemkot Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) pada pekan lalu. Kegiatan ini sudah dapat dijangkau pada setiap Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas di Depok.

Seperti dilansir situs pemerintah Kota Depok, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), pada Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati memaparkan, vaksinasi bagi disabilitas memang telah disiapkan oleh UPTD Puskesmas. Namun, dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan jadwal masing-masing.

“Disabilitas yang ingin divaksin sudah disiapkan di Puskesmas, tapi harus melakukan pendaftaran lebih dulu sesuai dengan link masing-masing,” kata dia.

Lebih lanjut dia memaparkan, syarat vaksinasi  ke warga difabel yang harus dipenuhi antara lain, memiliki KTP atau berdomisili di Kota Depok, kondisi sehat, dan tidak terkonfirmasi Covid-19 tiga bulan terakhir.

Baca Juga: Makna Bajingan yang Bergeser, Profesi Sejak Abad ke-16, Kini Jadi Makian

Dia menambahkan, untuk disabilitas usia 12-17 tahun menggunakan vaksin Sinovac. Sedangkan usia 18 tahun ke atas menggunakan vaksin Sinopharm.

Meski begitu, sebetulnya kata Umi, pihaknya telah memberikan vaksinasi Covid-19 kepada warga disabilitas dalam beberapa kegiatan. Di antaranya pada vaksinasi massal di Kecamatan Cilodong dan melalui beberapa Sekolah Luar Biasa (SLB).

“Juga sudah dilakukan di sejumlah UPTD Puskesmas. Serta Rumah Sakit Bhayangkara Brimob yang khusus memberikan vaksinasi Covid-19 untuk disabilitas,” papar dia. (lala/*)