Dikalahkan AS Roma, Manchester United Tetap Melaju ke Final Liga Europa

Pemain Manchester United berebut bola dengan pemain AS Roma. Meski kalah, Manchester United tetap melaju ke final Liga Europa.(Foto: Twitter Manchester United)
Pemain Manchester United berebut bola dengan pemain AS Roma. Meski kalah, Manchester United tetap melaju ke final Liga Europa.(Foto: Twitter Manchester United)

ROMA—Meski menuai kekalahan dari AS Roma dengan skor 3-2, Manchester United tetap melaju ke babak final Liga Europa 2020/2021.

Kekalahan yang dialami Manchester United pada pertandingan semifinal leg kedua di Stadion Olimpico Roma, Italia, Kamis 6 Mei 2021 dinihari WIB, itu sama sekali tidak berpengaruh bagi The Red Devils—julukan Manchester United.

Pasalnya, pada semifinal leg pertama anak asuh Ole Gunnar Solksjaer sudah menang telak 6-2 atas AS Roma di Stadion Old Trafford, Inggris. Sehingga secara keseluruhan, Manchester United unggul dengan skor 8-5 atas AS Roma.

Keberhasilan Manchester United menembus final Piala Europa adalah kali kedua dalam kurun waktu empat tahun terakhir.

Edisi final The Red Devils—julukan Manchester United—terjadi pada musim 2016/2017. Saat itu Manchester menjadi juara usai mengalahkan Ajax Amsterdam 2-0 di Friends Arena, Solna, Swedia.

DIBACA JUGA: Arsenal Gagal ke Final Liga Europa

Di final nanti, Manchester United akan berjumpa Villarreal yang di babak semifinal menyingkirkan Arsenal 2-1 (agregat).

Bagi Villarreal, final ini merupakan sejarah bagi mereka. Klub asal Spanyol itu baru pertama kali tampil di partai puncak kejuaraan antarklub Eropa kasta kedua ini.

Duel Manchester United kontra Villarreal akan dihelat di Gdansk, Polandia, pada 27 Mei 2021.

(tdr/*)