Dijamin Takjub, Ini Segudang Manfaat Daun Kelor, Bisa Obati Anak Autis

Daun kelor (Foto: Istimewa)
Daun kelor (Foto: Istimewa)

DepokToday- Sejak berabad-abad lamanya, Indonesia telah dikenal memiliki banyak tanaman berkhasiat dan kerap digunakan sebagai obat pengganti bahan kimia untuk berbagai penyakit. Salah satunya seperti daun kelor.

Hal itu juga diungkapkan oleh dokter sekaligus pendakwah, Zaidul Akbar. Bahkan menurutnya, kandungan yang ada dalam daun kelor sama persis dengan kurma atau buah zaitun.

“Karena kurma tidak tumbuh di Indonesia, zaitun tidak tumbuh subur seperti di Jazirah Arab, maka Allah menciptakan tumbuhan di negeri ini yang memiliki kandungan seperti itu,” katanya dikutip DepokToday.com dari channel YouTube Ghirah TV pada Jumat 15 Oktober 2021.

Baca Juga: Wow, Pasangan Nikah Siri di Depok Kini Bisa Punya Kartu Keluarga

Menurut dokter Zaidul Akbar, kelor memiliki kandungan lengkap asam amino, juga lengkap lemaknya seperti zaitun dan mengandung bahan mineral. Tanaman menyimpan banyak manfaat, salah satunya sebagai obat anti kanker.

“Kelor ini mengandung hampir 20 jenis asam amino dan asam amino adalah bahan baku badan kita, gen kita bahan bakunya asam amino,” jelasnya.

Baca Juga: Terpopuler DepokToday, 14 Oktober 2021: Bahasa Indonesia Juga Digunakan di Negara Tetangga, Rumah Mengeluarkan Air Banjir

“Makanya ibu-ibu, mohon maaf, kalau ketemu anak-anak autis kasih kelor. Dalam bentuk sayur boleh, kapsul boleh atau di blender juga boleh,” sambung dia.

Penggagas Jurus Sehat Rasulullah itu menambahkan, bahwa daun kelor ini mengandung minyak yang dengan zaitun.

“Luar biasa kan. Makanya saya tuh makin belajar kaya gini makin takjub dengan apa-apa yang Allah ciptakan.”

Manfaat Tersembunyi dari Daun Kelor

Melansir dari halodoc.com daun kelor memiliki nama lain moringa oleifera, termasuk dalam jenis tanaman tropis yang banyak digunakan sebagai obat herbal atau obat tradisional.

Sekira 2 gram daun kelor, terdapat setidaknya terdapat 14 kalori dan nutrisi lain berupa karbohidrat, protein, zat besi, kalium, magnesium, vitamin C, vitamin A, kalsium, dan asam folat.

Baca Juga: Kesal Depok Kerap Dibully, Istri Wali Kota Salahkan Media

Selain itu, terdapat pula serat, vitamin B, fosfor, tembaga, zink, dan selenium. Tidak lupa, ada kandungan antioksidan dalam daun kelor, salah satunya polifenol.

Selain mencegah kanker, daun tersebut juga dipercaya ampuh mencegah sejumlah penyakit lainnya seperti diabetes, mencegah hipertensi, menjaga kesehatan dan fungsi dari otak, obat peradangan.

Kemudian menjaga daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan mengatasi asam lambung. (rul/*)