Diincar, Sosok Panglima KKB Papua Berpangkat Brigjen Ini Mampu Bikin Bom

KKB Papua (Foto: Istimewa)
KKB Papua (Foto: Istimewa)

DepokToday – Teror atau ancaman terus diberikan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua. Kelompok tersebut selama beberapa bulan ini telah melakukan berbagai upaya untuk membuat stabilitas keamanan di Papua terganggu.

Melansir dari Pos-Kupang, diantara kelomp  KKB yang paling dianggap berbahaya ialah kelompok yang dipimpin oleh sosok Lekagak Telenggen. Bukan tanpa alasan, KKB pimpinan Lekagak Telenggen memang yang paling sering menebar teror.

Bahkan kelompok ini sempat jadi sorotan saat terang-terangan mengirim tantangan perang terbuka dengan pasukan gabungan TNI-Polri.

Tetapi ternyata, bukan hanya kelompok yang dipimpin Lekagak Telenggen saja yang harus diwaspadai. Baru-baru ini, salah satu KKB Papua yang dipimpin oleh Fernando Worabai juga jadi sorotan aparat keamanan.

Alasannya, karena sosok yang mengangkat dirinya sebagai pimpinan KKB di Kepulauan Yapen tersebut memiliki kemampuan lebih dibanding Lekagak Telenggen.

Dia juga sampai berani menyematkan pangkat Brigjen di depan namanya setelah mengangkat diri sebagai pimpinan KKB Papua.

Melansir dari Tribratanews, Fernando Worabai mengangkat dirinya sendiri sebagai Panglima Komando Militer Wilayah II Saireri dengan pangkat Brigjen.

Kelompoknya berdiri sendiri walaupun tidak menutup kemungkinan berafiliasi dengan kelompok TPNPB wilayah lain. Fernando dan anak buahnya juga sering terlihat melakukan latihan militer versi merek.

Pimpinan KKB Papua Fernando Warobai. (Foto: Istimewa)
Pimpinan KKB Papua Fernando Warobai. (Foto: Istimewa)

Cara KKB Papua Pimpinan Fernando Rekrut Prajurit

Mereka berusaha merekrut masyarakat yang belum paham kamtibmas, dan kegiatan kriminal mereka sudah sering terjadi. Motif berupa menunjukkan keberadaan kelompok yang menganggap dirinya bagian dari gerakan perlawanan untuk memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga: Menang Telak, Bocah Depok Sumbang Medali Emas untuk Jabar

Polri melakukan kegiatan penegakan hukum terhadap KKB Papua di Kampung Sasawa Distrik Yapen Barat, Kabupaten Kepulauan Yapen, belum lama ini.

Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Ferdyan Indra Fahmi menjelaskan kegiatan penegakan hukum ini berdasarkan hasil analisa dan laporan dari masyarakat yang resah dengan aktivitas KKB itu.

“Tindakan atau kejadian itu telah dilakukan pendalaman dan pemeriksaan saksi-saksi termasuk juga hasil monitoring jaringan tertutup. Sudah bisa kita pastikan bahwa pelaku kegiatan ataupun aksi kriminal yang dilakukan ini oleh KKB di bawah kendali menyebut dirinya selaku panglima TPNPB Wilayah II Saireri adalah Fernando Worabai dan kelompoknya” ujar AKBP Ferdyan.

“Setelah kita lakukan pendalaman dan tindakan di TKP, kelompok KKB Papua tersebut melarikan diri. Dalam penyisiran oleh aparat ditemukan 3 pucuk senjata api rakitan ilegal beserta barang bukti lain. Juga 2 buah tabung gas elpiji yang telah didesain sedemikian rupa untuk digunakan melakukan perlawanan yang diduga sebagai bom rakitan,” ungkap dia. (lala/*)