Diduga Jual Amunisi ke KKB Papua, 2 Oknum Polisi Diamankan Satgas Nemangkawi

KKB Papua (Foto: Istimewa)
KKB Papua (Foto: Istimewa)

DepokToday – Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi terus melakukan pengejaran kepada Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua. Terkini mereka berhasil mengamankan dua oknum polisi yang bertugas di Nabire atas dugaan transaksi atau penjualan amunisi ke  KKB  Papua.

Melansir dari tribun-bali.com, Kasatgas Gakum Nemangkawi Kombes Pol Faisal Ramadhani membenarkan adanya informasi itu. Kedua oknum anggota polisi itu telah diamankan di wilayah Kabupaten Nabire.

“Iya lagi pemeriksaan. Lagi dilakukan pemeriksaan,” kata Faisal.

Faisal menjelaskan kedua oknum anggota Polri yang ditangkap itu adalah JPO dan AS. Namun demikian, pihaknya masih belum menjelaskan lebih lanjut status kedua anggota Polri tersebut

“Sementara lagi pemeriksaan. Belum digelar perkara,” tukasnya.

Sementara itu, dari informasi yang beredar, Polri juga menyita sejumlah barang bukti lain dari dua orang pelaku.

Baca Juga: Sidang Unlawful Killing Kembali Digelar, Sosok Polisi Ini Disebut Perintahkan Pembututan Laskar FPI

Di antaranya, uang, ponsel, KTP hingga amunisi yang diduga akan dijual kepada KKB Papua.

Sebelumnya diberitakan, diduga akan dipasok ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), tim penyidik gabungan Polres Mimika bersama Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi mengusut temuan lebih dari 600 butir amunisi ukuran 5,56 milimeter yang ditemukan belum lama ini.

Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata menjelaskan, sudah ada empat orang yang diamankan.  Mereka yang diamankan diduga pelaku yang terlibat dalam sindikat jual beli amunisi tersebut. “Kami sudah amankan empat orang,” ucap dia di Timika, seperti disitat dari JPNN.com belum lama ini.

Pihaknya masih melakukan koordinasi untuk mencari tahu sumber amunisi itu. “Sampai sekarang kami masih terus selidiki,” jelas dia.

Era menjelaskan, tiga dari empat warga itu diamankan aparat Satgas Nemangkawi di Timika pada Kamis 30 September lalu.  Salah satu pelaku berinisial AB ditangkap di rumahnya yang ada di Jalan Pendidikan Jalur 7 Timika. Dari tangan AB, aparat menyita 255 butir amunisi ukuran 5,56 mm dan satu unit sepeda motor tanpa nomor polisi. (lala/*)