Dick Advocaat Ditunjuk sebagai Pelatih Kepala Timnas Irak

Dick Advocaat.(Foto: Twitter Iraq F.A.)
Dick Advocaat.(Foto: Twitter Iraq F.A.)

DepokToday—Asosiasi Sepak Bola Irak mengumumkan penunjukan Dick Advocaat sebagai pelatih kepala tim nasional Irak, Sabtu 31 Juli 2021 waktu setempat.

Advocaat yang berusia 73 tahun, menggantikan Srecko Katanec. Ini menjadi ketiga kalinya Advocaat kembali ke Asia sebagai pelatih kepala tim nasional (timnas).

Sebelumnya Advocaat menangani Uni Emirat Arab (UEA) pada 2005 dan Republik Korea di putaran final Piala Dunia FIFA 2006.

Dikutip afc.com, Advocaat memiliki pengalaman yang luar biasa, setelah melatih beberapa tim nasional Eropa, termasuk negara asalnya Belanda, Belgia, Rusia dan Serbia.

BACA JUGA: Ini Hasil Pembagian Grup Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia

Dia juga melatih beberapa klub di Belanda, Skotlandia, Jerman, Inggris, dan Turki. Advocaat memenangkan gelar bersama PSV Endoven, Rangers, dan Zenit Saint Petersburg.

Tugas pun sudah menanti Advocaat bulan depan, ketika Irak melakoni babak kualifikasi terakhir Zona Asia Piala Dunia FIFA Qatar 2022.

Irak berada di Grup A bersama dengan Republik Korea, Republik Islam Iran, UEA, Suriah dan Lebanon. BACA JUGA: IR Iran dan Republik Korea Favorit Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022

Mencari untuk lolos ke putaran final Piala Dunia FIFA untuk kedua kalinya, Irak membuka kampanye kualifikasi mereka melawan Republik Korea di Seoul pada 2 September 2021 mendatang.

Hasil undian babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.(Foto: Twitter AFC)
Hasil undian babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.(Foto: Twitter AFC)

Seperti diketahui, hasil undian pembagian grup babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia yang diikuti sebanyak 12 tim sudah terlihat.

Undian yang diselenggarakan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) secara virtual di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis 1 Juli 2021, itu menghasilkan enam tim di Grup A dan enam tim di Grup B.

Untuk Grup A diisi oleh IR Iran, Republik Korea, Uni Emirat Arab (UEA), Irak, Suriah, dan Lebanon.

BACA JUGA: Tiga Tim Ini Bersaing Ketat di Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022

Sedangkan Grup B dihuni oleh Jepang, Australia, Arab Saudi, Cina PR, Oman, dan Vietnam.

(tdr/*)