Dibombardir Jerman, Langkah Portugal ke 16 Besar Tertunda

Robin Gosens menyundul bola yang akhirnya berbuah gol.(Foto: Twitter Euro2020)
Robin Gosens menyundul bola yang akhirnya berbuah gol.(Foto: Twitter Euro2020)

MUNCHEN—Langkah Portugal ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 tertunda usai dibombardir Jerman 2-4 pada pertandingan Grup F di Allianz Arena, Munchen, dini hari tadi.

DIBACA JUGA: Hungaria Gagalkan Prancis Menyegel Tiket 16 Besar Lebih Awal

Jerman tampil langsung menyerang dan berhasil membuka keunggulan lewat Robin Gosens. Tetapi gol Gosens dianulir wasit karena offside. Pertandingan pun dilanjutkan dengan skor tetap 0-0.

Jerman yang tampil di hadapan publik sendiri, kembali melancarkan serangan. Namun justru Portugal yang mampu unggul lebih dulu, setelah Cristiano Ronaldo mencetak gol di menit 15 melalui skema serangan balik. 1-0 Untuk Portugal.

Cristiano Ronaldo mencetak gol ke gawang Jerman.(Foto: Twitter Euro2020)
Cristiano Ronaldo mencetak gol ke gawang Jerman.(Foto: Twitter Euro2020)

Kecolongan satu gol, Die Mannschaft (TImnas Jerman—red) malah tampil lebih menyerang. Gelombang serangan anak asuh Joachim Low ini akhirnya membuat pertahanan Portugal rapuh juga.

Walhasil, dua gol bunuh diri pemain Portugal, Ruben Dias dan Raphael Guerreiro, dalam waktu lima menit di penghujung babak pertama, membalikkan kedudukan 1-2 untuk Jerman. Skor ini bertahan sampai jeda.

DIBACA JUGA: Malam Minggu Gabut? Portugal vs Jerman Bisa Jadi Obatnya

Memasuki babak kedua, Portugal mencoba mengambil alih permainan. Akan tetapi, Jerman jua yang dapat mendikte permainan Cristiano Ronaldo cs. Tim Panser pun mulai membombardir Portugal.

Oleh Jerman, Portugal yang berstatus juara bertahan di turnamen ini, dibuat tercengang. Dua gol kembali disarangkan Jerman ke gawang Portugal, masing-masing melalui Kai Havertz menit 51 dan Robin Gosens menit 60. Skor berubah menjadi 1-4 buat Jerman.

Proses gol ketiga yang dicetak Kai Harvez.(Foto: Twitter Germany)
Proses gol ketiga yang dicetak Kai Havertz.(Foto: Twitter Germany)

Setelah gol Gosens, Portugal mampu melesakkan gol keduanya di menit 67 yang dibukukan Diogo Jota.

Sejak gol Diogo itu merubah papan skor jadi 2-4, tidak ada lagi gol lain yang tercipta sampai pertandingan babak kedua selesai. Jerman menang dan meraih tiga poin pertamanya.

“Kami bertarung dengan brilian dan menunjukkan moral yang hebat. Kami memiliki banyak serangan bagus melawan lawan yang sangat kuat,” beber Pelatih Jerman, Joachim Low, kepada EURO2020.com seusai laga.

Fokus Lawan Prancis

Di kesempatan yang sama, Pelatih Portugal, Fernando Santos, tetap mengklaim permainan skuatnya sudah bagus.

“Kami memulai dengan baik, dengan organisasi permainan yang bagus, ingin menyerang, mendapatkan beberapa koneksi. Jerman lebih baik tetapi kami memiliki kendali dalam permainan,” papar Santos.

Santos akan melakukan evaluasi usai pertandingan ini dan memfokuskan tim pada pertandingan berikutnya melawan Prancis.

“Kami harus melihat pertandingan ini dan sekarang yang harus kami lakukan adalah menjernihkan pikiran, karena kami memiliki pertandingan yang sangat penting melawan Prancis,” tandasnya.

(tdr/*)