Diaz dan Messi Top Skor Sementara Copa America 2021

Luiz Diaz.(Foto: Twitter Copa America)
Luiz Diaz.(Foto: Twitter Copa America)

JAKARTA—Dua gol Luiz Diaz saat Kolombia mengalahkan Peru 3-2 menempatkan dirinya sebagai top skor sementara Copa America 2021 bersama Lionel Messi.

Diaz menjadi penentu kemenangan Kolombia sekaligus merebut gelar juara tiga Copa America 2021 setelah mencetak gol di menit 90+4, sebelumnya Diaz juga melesakkan gol pada menit 66 untuk merubah kedudukan menjadi 2-1.

DIBACA JUGA: Kolombia Juara Tiga Copa America 2021 Usai Kalahkan Peru

Tambahan dua gol pemain Porto itu menyamakan perolehan empat gol bintang Argentina, Lionel Messi. Diaz dan Messi kini sejajar sebagai pencetak gol terbanyak sementara Copa America 2021.

Gol pertama Diaz tercipta ketika Kolombia kalah 1-2 dari Brasil di babak penyisihan Grup B (Zona Utara), pada 23 Juni 2021.

DIBACA JUGA: Piala Eropa 2020: Italia vs Inggris, Copa Amerika 2021: Argentina vs Brasil

Sempat unggul satu nol lewat gol Diaz di menit 10, Kolombia keok berkat dua gol Brasil yang diceploskan oleh Roberto Firmino menit 78 dan Casemiro menit 90+10.

Gol kedua Diaz di Copa America sewaktu Kolombia bentrok di semifinal, tanggal 6 Juli 2021. Gol Diaz di menit 61 memaksa Argentina, yang sebelumnya unggul 1-0, melakoni tendangan adu penalti untuk lolos ke babak final. Sayang Kolombia kalah 2-3 dalam babak tos-tosan itu.

Kolombia tampil sebagai juara tiga Copa America 2021.(Foto: Twitter Copa America)
Kolombia tampil sebagai juara tiga Copa America 2021.(Foto: Twitter Copa America)

Gagal ke final, Kolombia akhirnya bertemu Peru di pertandingan perebutan tempat ketiga, Sabtu 10 Juli 2021 pagi WIB. Di laga ini Duaz menyumbang dua dari tiga gol timnya saat mengalahkan Peru.

Dua gol tersebut selain membantu Kolombia juara tiga Copa America, tapi juga mengantarkan dirinya sebagai top skor sementara turnamen dengan empat gol.

Proses Gol Messi

Lionel Messi, yang mulanya bercokol sendirian di daftar sementara pencetak gol terbanyak Copa America 2021, kini harus berbagi tempat dengan Luiz Diaz.

Messi masih punya kesempatan menambah golnya di pertandingan final melawan Brasil di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Minggu 11 Juli 2021 WIB.

Lionel Messi.(Foto: Twitter Copa America)
Lionel Messi.(Foto: Twitter Copa America)

Jika berhasil mencetak gol ke gawang Brasil, pemain Barcelona itu dipastikan menjadi top skor turnamen edisi ke-47 ini.

DIBACA JUGA: Perjalanan Argentina dari Penyisihan Sampai Final Copa America 2021

Empat gol yang dibuat Messi terjadi di babak penyisihan grup sebanyak tiga gol (satu gol ke gawang Chili dan dua gol ke gawang Bolivia). Satu gol lainnya terjadi pada pertandingan perempat final melawan Ekuador.

(tdr/*)