Diah PDIP Sebut Perbedaan Adalah Kekayaan Indonesia

Diah Pitaloka (Istimewa)

BOGOR- Anggota MPR RI dan Wakil Ketua Komisi 8 DPR RI fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Diah Pitaloka, menyampaikan pentingnya kebhinekaan sebagai salah satu empat pilar kebangsaan.

Pernyataan itu ia sampaikan pada saat mengisi kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI bersama anggota Koperasi Karya Mandiri Kampung Gudang serta Ketua RT/RW Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah pada Kamis 15 April 2021.

Hadir pula dalam forum tersebut, Lurah Gudang, Mugya Mulyawan, kemudian Sahat Farida, dari paralegal, serta anggota DPRD Kota Bogor, Atty Soemadikarya, sebagai narasumber.

Diah menjelaskan, kegiatan ini adalah salah satu dari bagian tugas anggota MPR untuk meningkatkan wawasan dan nasionalisme masyarakat dengan cara mensosialisasikan empat pilar yaitu Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Menurutnya, empat pilar adalah sesuatu yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat.

“Empat pilar ini semuanya itu pada dasarnya kita gali dan hadir di sekitar kita,” katanya dikutip pada Jumat 16 April 2021

Ia menegaskan, salah satu pilar yang penting khususnya dalam konteks kehidupan bangsa Indonesia adalah kebhinekaan, dari semboyan negara Bhineka Tunggal Ika.

“Semboyan Bhinneka Tunggal Ika sejatinya menggambarkan keadaan tentang nusantara yang kaya akan keberagaman, mulai dari ras, suku, agama, budaya, dan lainnya.”

Baca Juga: PDIP Godok Perda Pesantren untuk Depok, Ini Tujuannya

Diah menyebut, kebhinekaan yang ada di Indonesia lahir dari kondisi masyarakat beragam.

“Dan perbedaan inilah yang menjadi ciri khas, kekayaan dan kekuatan kita sebagai sebuah bangsa. Apa salahnya perbedaan, asal ada persatuan,” katanya

Selain membahas kebhinekaan, para narasumber lain juga memberi jawaban terhadap pertanyaan masyarakat tentang masalah pendaftaran tanah (PTSL), Kesejahteraan Sosial, BPJS dan program PKH dari Kementerian Sosial. (rul/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here