Di Atas Rata-rata Tentara, Ini Kemampuan Wajib Seorang Paspampres yang Bikin Geleng-geleng

Paspampres (Foto: Istimewa)
Paspampres (Foto: Istimewa)

DepokToday- Menjadi seorang Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres tentu bukanlah perkara mudah. Sebagai perisai hidup presiden dan ibu negara berserta keluarganya, pasukan elit ini tentu harus memiliki kemampuan di atas rata-rata prajurit pada umumnya.

Lantas apa sajakah kemampun yang wajib dimiliki seorang Paspamres di negara ini. Berikut ulasan yang berhasil dihimpun DepokToday.com dari berbagai sumber.

Seorang Paspampres wajib memiliki postur tubuh tegap dengan tinggi badan minimal 175 cm. Kemudian, seorang Paspampres dituntut harus bisa membaca gerak-gerik tubuh dari lawan bicara melalui gesture ataupun mimic wajah.

Sebagai pelindung atau perisai hidup presiden dan keluarga, keahlian ini tentu nggak boleh jadi nomor dua.

Baca Juga: Sempat Lolos, PN Depok Akhirnya Sidang Bruder Angelo, Ini Kasusnya

Selain itu, Paspamres juga harus bisa berjalan cepat dalam waktu 7 menit. Dilansir dari oretzz.com, badan tegap, pakaian rapi tapi jalannya lambat, sudah pasti belum pas jadi Paspamres.

Sebabnya, salah satu syarat utama jadi Paspamres adalah punya kemampuan untuk menempuh jarak 1 kilometer hanya dalam tempo 7 menit.

Seorang Paspamres Wajib Jago Berkelahi

Nah, yang juga tak kalah penting harus dikuasai seorang Paspampres adalah jago menembak. Syarat lain yang juga wajib dimiliki oleh perisai hidup pejabat negara itu adalah harus mahir bela diri.

Kemampuan seorang Paspampres (Foto: Istimewa)
Kemampuan seorang Paspampres (Foto: Istimewa)

Penggunaan senjata adalah opsi terakhir apabila dalam keadaan darurat banget, tapi yang utama adalah bagaimana menyelesaikan konflik di lapangan tanpa perlu melontarkan peluru.

Maka dari itu seorang Paspamres harus punya skill dalam bidang bela diri minimal sabuk cokelat.

Baca Juga: Asal Usul Pesugihan, Berawal dari Kecemburuan Sosial Hingga Ritual Tumbal Zaman VOC

Syarat dasar berikutnya adalah, calon Paspamres harus berasal dari jajaran TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU) maupun dari Angkatan Laut (AL).

Itu adalah sebagian kecil syarat yang harus dimiliki seseorang ketika ingin menjadi pengawal presiden dan keluarga presiden.

Selain sejumlah syarat di atas, masih ada kriteria lainnya yang wajib dipenuhi, di antaranya, tes IQ, tes fisik sampai menyelam tanpa alat bantu. Namun yang paling penting lagi adalah siap mental dan rela berkorban demi tugas negara. (rul/*)