Detik-detik Daud Yordan Bikin KO Jagoan Rusia, Endingnya Haru

Daud Yordan (Foto: Instagram)
Daud Yordan (Foto: Instagram)

DepokToday- Daud Yordan berhasil menyedot perhatian dunia usai menumbangkan Pavel Malikov, juara tinju asal Rusia yang dikenal belum pernah terkalahkan. Yang membanggakannya lagi, laga tanding tersebut berlangsung di kandang Pavel.

Sejumlah pendukung Pavel awalnya terlihat tak percaya ketika petinju kebanggan mereka dibuat KO oleh Daud. Mereka bahkan terlihat cukup kesal dengan petinju asal Indonesia ini.

Namun hal itu berubah, ketika melihat sikap sportif Daud Yordan. Dan sikap Daud akhirnya membuat para pendukung rivalnya itu kagum.

Baca Juga: Ketika Eks Brimob Nusantara Bikin Anak Yatim Depok Sumringah

Peristiwa itu diunggah lewat postingan akun media sosial @karyamilitan belum lama ini. Dalam keterangannya disebut, pertandingan itu terjadi pada Senin 23 April 2018, dini hari waktu setempat.

Momen menarik dalam video ini bukan cuma soal kemenangan Daud, tapi juga tentang sifatnya yang ramah dan menunjukan sang juara sejati.

“Ini baru sifat orang Indonesia, ini baru juara sejati. Orang Indonesia bukan ditakuti, tapi disegani karena keramah tamahan dan jiwa sportifnya,” kata akun tersebut dikutip DepokToday.com pada Selasa 15 November 2021.

Baca Juga: Denny Sumargo Berikan Adsense ke Gala Sky, Nilainya Rp 1 M

Melansir keterangan @karyamilitan, pada pertarungan yang berlangsung di Divs, Ekaterinburg, Rusia itu, Daud Yordan menang KO di ronde ke-8.

Satu upper cut keras ke rusuk kanan, disusul hook kiri ke wajah Malikov membuat petinju yang tak pernah kalah itu tumbang.

Wasit kemudian menghitung dan Malikov tak lagi mampu melanjutkan pertarungan. Bahkan untuk berdiri saja, petinju dengan rekor belum pernah kalah itu, tidak sanggup. Pavel Malikov kemudian dibopong ke tepi ring. Ia hanya bisa berbaring.

Tim medis selanjutnya datang dengan membawa tandu. Tubuh Malikov pun dipindahkan ke atas tandu tersebut. Saat itulah, Daud Yordan menunjukkan dirinya sebagai juara sejati.

Tidak ada ekspresi kemenangan berlebihn. Ia hanya sekali naik ke atas pembatas ring. Kemudian mengambil sabuk miliknya dan menebar senyum lebar

Suasana sangat hening, seolah para pendukung Malikov tidak percaya bahwa petinju kebanggaan mereka tumbang di tangan Daud. Wajah-wajah tak percaya dan tegang sempat disorot kamera.

Namun, suasana hening itu mendadak pecah, berubah menjadi riuh oleh tepuk tangan saat Daud Yordan menghampiri dan memeluk Malikov di atas tandu.

Sikap sportif ini lantas dibalas kubu Malikov dengan manyalami dan memberi ucapan selamat kepada Daud Yordan.

Prestasi

Dengan kemenangan ini, Petinju asal Sukadana, Kalimantan Barat, Daud Yordan pun merebut dua sabuk sabuk juara tinju kelas ringan, WBA Asia dan WBO Intercontinental, dari tangan Malikov.

Ini juga menambah rekor kemenangan KO Dud Yordan menjadi 26 dalam 38 pertarungannya. Di sisi lain, kemenangan Daud juga mengakhiri rekor tak terkalahkan milik Malikov.

Tentang Daud Yordan

Daud Yordan atau yang populer disebut Daud “Cino” Yordan adalah seorang pemuda kelahiran 10 Juni 1987.

Melansir Wikipedia, Daud Yordan adalah petinju Indonesia yang menjadi juara dunia dua kali versi badan tinju IBO, ia juara pada kelas featherweight dan lightweight pada masa yang berbeda.

Cino adalah nama julukan pemberian yang diberikan oleh mantan pelatihnya semasa amatir, Carlos Jesus Renate Tores, asal Kuba, merujuk pada kata Chino dalam bahasa Spanyol yang berarti ‘Cina’.

Itu karena wajahnya yang sangat kental khas oriental (Cina). Daud sendiri dan ayahnya, Hermanus Lay Tjun adalah orang Tionghoa-Indonesia, dan ibunya adalah orang Dayak, Nathalia. (rul/*)