Deteksi Sejumlah Penyakit Lewat Masalah Mulut dan Bisul yang Muncul

Mulut (Foto: Istimewa)
Mulut (Foto: Istimewa)

DepokToday – Mulut merupakan salah satu organ tubuh yang mampu menjadi media untuk mendeteksi penyakit di dalam tubuh. Ya, walau pada masa pandemi ini lebih sedikit orang yang memeriksakan kesehatan mulut dan gigi mereka. Tapi sejumlah keluhan masalah di mulut ini bisa menjadi salah satu penyakit lain.

Melansir dari Suara.com, menurut Dr Azad Erumlu dilansir dari Metro UK, tidak haya mulut yang bisa menjadi indikator utama yang bisa mendeteksi masalah kesehatan Anda, ada juga bisul yang menjadi tanda lainnya. Dokter gigi biasanya memperhatikan itu ketika melakukan pemeriksaan.

Karena banyak orang melewatkan pemeriksaan mulut dan gigi selama pandemi, Dr Azad memberi tahu beberapa masalah kesehatan mulut dan gigi yang perlu diwaspadai.

1.Gusi berdarah

Gusi berdarah bisa terjadi karena Anda terlalu keras menyikat gigi atau flossing. Tapi, gusi yang sering berdarah setelah sikat gigi bisa mengindikasikan penumpukan plak.

Plak terbentu ketika air liur bercampur dengan sisa makanan dan membentuk lapisan lengket pada gigi. Plak mengandung bakteri yang bisa mengiritasi gusi dan menyebabkan gusi meradang serta berdarah.

Ada beberapa penyebab gusi berdarah, termasuk kekurangan vitamin, perubahan hormon pada wanita, obat-obatan tertentu dan pola makan yang buruk.

2.Menggertakan gigi

Kebiasaan menggertakan gigi ketika tidur bisa terjadi karena gigi tidak rata. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk kurang tidur, stres atau kecamasan sebagai efek samping dari obat-obatan tertentu.

Sedangkan, kebiasaan ini bisa membuat Anda sakit gigi, sakit kepala atau leher, dan bahu kaku ketika bangun tidur. Selain itu, gigi Anda juga akan aus atau retak seiring waktu.

Baca Juga: Ini 5 Mitos Tentang Sarapan yang Masih Banyak Dipercaya

3.Lidah berwarna putih

Anda mungkin pernah mengalami lidah berwarna putih, tetapi sering diabaikan. Padahal, kondisi ini bisa menjadi tanda masalah kesehatan mendasar.

Karena, benjolan kecil yang melapisi lidah, yakni papilla bisa meradang sehingga menjebak makanan, bakteri dan sel-sel kulit mati yang mengubahnya menjadi berwarna putih.

4.Bisul

Bisul juga bisa menandakan masalah kesehatan lainnya. Dr Azad mengatakan seringkali orang mengalami bisul karena kelelahan dan biasanya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Bisul juga bisa menjadi tanda perubahan hormonal atau kekurangan vitamin. Jika Anda sering mengalami bisul, Anda bisa menemui dokter umum atau dokter gigi untuk mendeteksi penyebabnya.

5.Gusi menurun

Gusi yang semakin jauh dari gigi atau gusi menurun adalah tanda umum penyakit gusi. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko komplikasi kesehatan yang serius, termasuk stroke, diabetes, dan penyakit jantung. (lala/*)