Depok Terendah Capai Target Vaksinasi, Dinkes: Vaksin Terbatas

Kegiatan vaksinasi COVID-19 (DepokToday.com)
Kegiatan vaksinasi COVID-19 (DepokToday.com)

DEPOKKementerian Kesehatan merilis data vaksinasi yang telah dilakukan oleh berbagai daerah khususnya di wilayah Jabodetabek. Salah satu yang menjadi perhatian adalah Kota Depok menjadi wilayah paling rendah menyuntikkan dosis vaksin.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok, Rani Martina mengatakan, presentase suntikkan vaksin di Depok baru sebesar 16,47 persen atau dari target 1.636.356 warga baru sebesar 269.431 warga.

“Saat ini (vaksinasi) sudah masuk ke tahap 3, dengan tambahan sasaran masyarakat rentan dan umum. Jumlah sasaran 1.636.356, yang sudah divaksin 269.431 (16,47 persen),” kata Rani kepada wartawan, Rabu 21 Juli 2021.

Rani mengatakan, untuk mencapai target Kota Depok masih membutuhkan sekitar 273.385 vial vaksini dengan estimasi 1 vial untuk 10 dosis.

Baca Juga: Gedung BPOM Terbakar, Vaksin dan Obat Aman Tapi Rugi Rp 600 Juta

Lebih jauh Rani mengakui, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Kota Depok dalam menyukseskan program vaksinasi diantaranya distribusi vaksin dilakukan secara bertahap dengan jumlah terbatas.

“SDM nakes (tenaga kesehatan) sebagai vaksinator dan lokasi yang sesuai standar (juga menjadi soal lain),” kata Rani.

Namun begitu, lanjut Rani, Pemerintah Kota Depok tetap berupaya untuk mencapai target vaksinasi, salah satunya dengan meminta masyarakat datangi sentra vaksinasi.

“(Daftar) melalui link pendaftaran yang di share di media sosial Dinkes, Puskesmas dan RS se-Kota Depok, atau melalui RT/RW di domisili masing-masing,” kata Rani.

Sebagai informasi, berdasar data Kementerian Kesehatan pada tanggal 19 Juli 2021, Kota Depok hanya memenuhi target vaksinasi sebesar 0,65 persen pada vaksin dosis pertama dan 0,32 persen untuk dosis kedua.

Jumlah itu membuat Kota Depok menjadi urutan pertama dari bawah se-Jabodetabek. (ade/*)