Depok Tambah Dana Tanggap Bencana Rp 40 Miliar

Jajaran Polres Metro Depok dan Kodim 0508 membantu warga yang terdampak angin puting beliung (Istimewa)

TAPOS– Pemerintah Kota Depok bakal menyiapkan dana tambahan terkait penanggulangan bencana senilai Rp 40 miliar. Kebijakan ini dicetuskan untuk menangani sejumlah peristiwa yang terjadi akibat cuaca ekstrem.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris usai meninjau belasan rumah warga dan sekolah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung di kawasan Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos pada Selasa, 25 Februari 2020.

Dirinya mengungkapkan, terkait musibah itu (puting beliung), pihaknya telah melakukan upaya penanganan sementara. Diantaranya, mendirikan posko bantuan untuk menampung kebutuhan warga.

“Pada hari ini tindakan darurat yang dilakukan ialah dengan berbagai elemen, baik yang terkait dengan pemerintah langsung maupun mitra TNI-Polri untuk turun langsung membantu kebutuhan warga yang terdampak,” katanya

Idris mengaku belum mengetahui secara detail berapa kerugian yang ditaksir akibat kejadian tersebut.

“Kalau dampak kerugian saya belum tahu, saya masih tanyakan assesment-nya. Semakin cepat dilakukan pendataan semakin cepat menerima bantuan dari Pemkot.”

Lebih lanjut Idris mengungkapkan, berdasarkan laporan sementara, ada sekira 26 rumah, satu sekolah dan satu area peternakan ayam yang rusak akibat diterjang angin puting beliung. Rata-rata, yang hancur adalah bagian atap. Tidak ada korban jiwa terkait peristiwa itu.

Idris berjanji, pihaknya bakal menambah dana tanggap bencana yang tadinya Rp 20 miliar menjadi sekira Rp 40 miliar.

“Iya kita juga sudah tambah dana bantuan tahun ini Rp 20 miliar ternyata kemarin setelah menangani beberapa bencana, sisanya tinggal 10 persen. Itu baru sampai Februari. Makanya sudah dipastikan bisa ditambah, kita akan hitung semuanya, kayanya bisa dua kali lipat dari dana awal,” ujarnya

Sementara itu, sampai saat ini sejumlah personil gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Polres Metro Depok, Kodim 0508, PMI, dan Tagana sedang berusaha membantu warga membersihkan rumah yang rusak akibat diterjang puting beliung. (rul/*)