Depok Programkan Nyaba Tetangga Online

Peta Kota Depok.(Istimewa)

MARGONDA-Di tengah hantaman krisis kesehatan dan perekonomian akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengajak seluruh warganya menyapa tetangga secara online untuk mengetahui kondisinya apakah dalam kondisi baik atau membutuhkan bantuan.

Ajakan ini dituangkan melalui Instruksi Wali Kota Depok Nomor 3 Tahun 2020 tentang Program Peduli Terhadap Tetangga atau Nyaba Tetangga Online pada Selasa, 5 Mei 2020.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris menuturkan, dalam program Nyaba Tetangga Online ini, camat dan lurah diminta mengajak warganya untuk menyapa tetangga secara online.

“Saya instruksikan camat dan lurah segera mengajak warganya untuk melaksanakan program Nyaba Tetangga Online. Perhatikan kesehatan warga setiap waktu tanpa harus menunggu laporan. Awali dengan menyapa warga setiap hari melalui media sosial dan group-group WhatsApp (WA) warga,” tuturnya.

Orang nomor satu di Kota Depok ini mengimbau para camat dan lurah juga meminta para warga untuk saling menyapa tetangga secara online guna mengetahui kondisinya. Terutama kondisi kesehatan apakah dalam kondisi baik atau membutuhkan bantuan.

“Camat, lurah dan warga harus sigap jika ada warga yang perlu bantuan kesehatan terutama jika kesehatan itu terkait virus Corona. Untuk itu saya juga berharap tata laksana diatur sesuai protokol Covid-19 dan dalam pelaksanaannya berkoordinasi dengan Kampung Siaga Covid-19,” kata Idris.

Para ketua RT pun diminta untuk mengaktifkan sosial media, seperti aplikasi WA, Twitter, Facebook, dan lainnya dengan melibatkan seluruh warganya yang tinggal atau berdomisili di lingkungannya.

“Dalam media sosial ini, setiap hari ketua RT diminta untuk menanyakan kondisi warganya atau masing-masing warga dapat menyapa tetangganya secara pribadi,” kata Idris.

Bilamana nantinya ada warganya yang sakit saat di sapa, ketua dan pengurus RT diminta untuk menanyakan gejala yang dialaminya. Bila ada gejala Covid-19 seperti panas tinggi disertai panas dan sesak nafas, ketua lingkungan diminta untuk melaporkan ke Ketua Satgas Kampung Siaga Covid-19.

“Ketua Satgas Kampung Siaga Covid-19 (kami minta) segera melaporkan warganya yang mengalami gejala ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan,” katanya.

Ia pun mengajak kepada masyarakat di Kota Depok untuk saling membantu sesama pandemi Covid-19. Misalnya dengan berbagi makanan atau uang dengan tetangga yang membutuhkan atau terdampak Covid-19.

“Kami juga meminta masyarakat melaporkan apabila ada tetangganya yang membutuhkan bantuan secara ekonomi kepada Ketua Satgas Kampung Siaga Covid-19 untuk ditindaklanjuti,” tandas Idris.

(eru/*)