Depok Bersih, Mudah, dan Lancar

Wali Kota Depok
kegiatan Ngopi Online Bareng Baba Wali Kota.(Foto: Istimewa)

JAKARTA—Pemerintah Kota Depok, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), menggagas sebuah terobosan berupa kegiatan Ngopi Online Bareng Baba Wali Kota, Selasa 23 Maret 2021.

Kegiatan diskusi dan tanya jawab ini membahas terkait inovasi pelayanan dokumen kependudukan yang dilakukan Disdukcapil Depok. Diskusi digelar secara virtual.

“Inovasi pelayanan  mengusung tagline Bermula, kependekan dari Bersih, Mudah, dan Lancar,” ungkap Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Idris memaparkan pelayanan bersih berarti tidak ada pungutan liar (no pungli) dan tidak ada calo (no calo).

“Gratis. Tapi kan ada juga masyarakat yang karena tidak punya waktu, kemudian meminta Pak RT-nya dan memberikan ongkos. Itu kan pribadi sifatnya. Kalau pengurusan lewat ASN atau calo di sana (dinas) akan kita tangkap,” jelasnya.

Mudah, katanya lagi, karena sudah dilakukan online melalui sistem WhatsApp (WA). “Kalau melalui website tertentu kan banyak yang tidak bisa atau punya. Tapi wa, hampir 95% warga Depok menggunakan wa. Jadi semakin mudah,” tuturnya.

Idris mengatakan untuk tagline lancar, berarti jelas terukur. Ketika ada pengaduan, bisa langsung diketahui lewat online dan manual.

“Untuk pengantaran dokumen, kita juga sudah kerjasama, salah satunya dengan D’Co Mart. Ini pemberdayaan koperasi,” tandasnya.

DIBACA JUGA: https://depoktoday.hops.id/mulai-hari-ini-tilang-elektronik-berlaku-di-depok/

Inovasi yang digulirkan Disdukcapil Kota Depok ini pun mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk dari Disdukcapil Provinsi Jawa Barat.

Kepala Disdukcapil Provinsi Jawa Barat, H. Dady Iskandar, menyatakan apa yang diterapkan oleh Kota Depok adalah contoh positif yang dapat diaplikasikan di wilayah lain.

“Selama ini kan persepsi kurang baik terkait pelayanan karena kurangnya komunikasi. Dengan Ngopi Bareng ini, masyarakat bisa mengetahui dan menyampaikan secara langsung pertanyaan kepada pemerintah. Ini adalah hal yang baik dan patut diapresiasi,” katanya.

(eru)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here