Depok Berlakukan PSBB Rabu Pekan Depan

Polisi sosialisi PSBB di perbatasan Depok - Jakarta (DepokToday, Rul)

MARGONDA– Meski telah mendapat persetujuan dari Menteri Kesehatan, namun kebijakan terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Depok diperkirakan baru mulai berlaku pada Rabu, pekan depan. Hal itu menunggu keputusan resmi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Terkait pelaksanaan PSBB Kota Depok dan wilayah Bodebek lainnya, masih menunggu terbitnya peraturan Gubernur Jawa Barat yang mengatur pedoman PSBB dan keputusan Gubernur Jawa Barat tentang pemberlakuan PSBB,” kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris pada Minggu 12 April 2020

Pada prinsipnya, jelas Idris, pihaknya bersama sejumlah instansi terkait akan berupaya semaksimal mungkin dalam persiapan dan pelaksanaan PSBB dalam waktu dekat ini.

“Mari kita berikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan upaya pencegahan secara massive. Saya mengimbau untuk tetap tinggal di rumah, jaga jarak fisik, gunakan masker jika terpaksa harus beraktifitas di luar rumah, optimalkan Kampung Siaga Covid-19.”

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana mengaku, rancangan terkait penerapan PSBB sampai saat ini masih dalam tahap pembahasan dan rapat terbatas melalui video confrence bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Gubernur sampaikan bahwa PSBB direncanakan efektif berlaku pada Rabu jam 00:00 WIB, dalam jangka waktu 14 hari, dan sesuai Keputusan Menkes bisa diperpanjang dengan memperhatikan perkembangan situasi,” katanya

Teknis dan taktisnya, lanjut Dadang, akan diumumkan setelah Peraturan Gubernur Jawa Barat turun dan akan ditindaklanjuti denga peraturan wali kota atau Perwa.

“Materinya tidak jauh dengan yang berlaku di DKI Jakarta, akan tetapi terdapat beberap hal yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal (Depok) atau Bodebek.”(rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here