Depok Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem

Rapat koordinasi penanggulangan bencana di Kota Depok (istimewa)

MARGONDA– Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Bencana Kota Depok menggelar rapat koordinasi untuk menanggulangi dampak banjir dan longsor yang melanda kota tersebut, beberapa hari lalu. Selain itu, rapat ini juga sebagai langkah antisipasi untuk menghadapi cuaca ekstrem yang diperkirakan bakal terjadi di wilayah Jabodetabek dalam beberapa hari kedepan.

Dipimpin oleh Kapolres Metro Depok Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah, rapat kali ini dihadiri Dandim 0508/Kota Depok, Kolonel Inf Agus Isrok Mikraj, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok Gandara Budiana, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Eti Suharyati, dan sejumlah pucuk pimpinan yang lain.

Azis mengungkapkan, dalam rapat tersebut dibahas penanganan bencana banjir dan longsor di Kota Depok yang berjumlah 87 titik, dengan total kerugian sementara mencapai sekira Rp 9 miliar dan menewaskan tiga orang. Ia menjelaskan, penanganan yang akan dilakukan saat bencana terjadi diantaranya adalah penyelamatan korban, pertolongan darurat, dan evakuasi.

Sementara penanganan usai bencana, diantaranya adalah penyediaan air bersih, sanitasi, sandang, pelayanan kesehatan, perbaikan rumah dan fasilitas publik, hingga penampungan dan tempat hunian sementara.

“Saat ini kegiatan yang masih terus kami lakukan melakukan pemetaan daerah rawan bencana, evaluasi situasi tanggap darurat, koordinasi antara seluruh stakeholder ditingkatkan, dan berupaya mencegah juga melakukan penyuluhan bencana,” katanya di ruang rapat Polres Metro Depok pada Kamis 9 Januari 2020.

Lebih lanjut Azis mengungkapkan, hasil dari rapat koordinasi membuahkan beberapa poin yang diantaranya harus ada kerjasama yang kuat dari masing-masing stakeholder dalam penanganan bencana, bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing, komunikasi yang lebih insentif, meminimalisir bencana susulan atau pun resikonya, dan terus memantau situasi terbaru mengenai cuaca.

“Kedepan semua dinas, instansi di Depok dalam menghadapi bencana alam sinkron. Siapa berbuat apa jelas juga program pasca bencana ini apa saja,” timpal Dandim 0508/Kota Depok, Kolonel Inf Agus Isrok Mikraj. (rul/*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here