Denmark Diuntungkan Status Tuan Rumah, Finlandia Memulai Debutnya

Jadwal Pertandingan Denmark vs Finlandia yang berlangsung malam ini WIB.(Foto: Tangkapan Layar laman resmi UEFA)
Jadwal Pertandingan Denmark vs Finlandia yang berlangsung malam ini WIB.(Foto: Tangkapan Layar laman resmi UEFA)

KOPENHAGEN—Denmark akan memulai laga perdana Grup B Piala Eropa 2020 melawan Finlandia di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark, Sabtu 12 Juni 2021 pukul 23:00 WIB.

Keuntungan sebagai tuan rumah mungkin menjadi faktor Denmark meraih hasil positif di laga malam nanti.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020: Kopenhagen, Denmark

Apalagi sejarah mencatat Denmark tidak pernah kalah dalam 21 pertandingan kandang melawan Finlandia sejak 1949. Denmark tercatat membungkus 18 kemenangan dan tiga hasil imbang kala bertanding melawan Finlandia.

Kini tampil di hadapan publik sendiri Denmark memiliki hak untuk merasa percaya diri saat mereka memulai kampanye Piala Eropa kesembilan mereka.

Pelatih Denmark, Kasper Hjulmand, menegaskan timnya tidak boleh kalah dalam pertandingan melawan Finlandia.

“Kami tidak boleh kalah dalam pertandingan karena kami tidak menginginkannya lebih dari lawan kami. Kami harus melakukan semua yang kami bisa untuk menang,” tandas Kasper.

Kota Kopenhagen di Denmark.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)
Kota Kopenhagen di Denmark.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

Bagi Finlandia, berada di Piala Eropa 2020 adalah hal baru. Ya, ini adalah kali pertama Finlandia mengikuti kompetisi resmi internasional sejak federasi sepak bola berdiri pada 1907.

Kendati Piala Eropa 2020 merupakan debutnya, tim asuhan Markku Kanerva tahu bahwa tidak ada tim Piala Eropa yang tidak terkalahkan termasuk Denmark.

“Denmark memiliki tim yang sangat bagus. Jika kita melihat beberapa pertandingan terakhir mereka, mereka memiliki beberapa hasil yang luar biasa dan telah mencetak banyak gol,” urai Pelatih Finlandia, Markku Kanerva, dikutip uefa.com.

“Pertahanan mereka telah bekerja dan mereka memiliki beberapa pemain individu yang hebat. Denmark adalah tim yang sangat tangguh dan mereka bisa bermain di kandang sendiri, tetapi kami telah membuktikan bahwa kami dapat menantang negara yang lebih besar dari Denmark,” tambahnya.

Prakiraan Susunan Pemain

Denmark (4-3-3): Schmeichel; Maehle, Kjaer, Christensen, Wass; Eriksen, Hojbjerg, Delaney; Poulsen, Wind, Braithwaite.

Finlandia (3-5-2): Hradecky; O’Shaughnessy, Arajuuri, Toivio; Uronen, Kamara, Sparv, Lod, Raitala; Pukki, Pohjanpalo.

(tdr/*)