Demi Aturan Kanalisasi Margonda, Pejabat Depok Turun ke Jalan

Pejabat Depok aktif sosialisasikan kanalisasi di wilayah Jalan Margonda. (DepokToday.com)
Pejabat Depok aktif sosialisasikan kanalisasi di wilayah Jalan Margonda. (DepokToday.com)

DepokToday- Kebijakan sistem jalur cepat dan lambat kembali berlaku di Jalan Margonda, Depok. Keputusan terkait kanalisasi jalur itu berlaku efektif sejak angka kasus COVID-19 turun drastis di sejumlah daerah, termasuk kota ini.

Tak hanya itu saja, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Depok juga mulai gencar melakukan operasi penindakan dan menyiapkan sanksi tilang terhadap pengendara yang melanggar aturan.

“Karena mobilitas sudah lebih leluasa dan kondisi lebih stabil, sudah waktunya aturan ditegakkan seperti biasa,” kata Kanit Kamsel Satlantas Polrestro Depok, AKP Elly Padiansari pada Kamis 21 Oktober 2021.

Baca Juga: Giliran 17 Santri Pondok Pesantren Babussalam Cimanggis Positif COVID-19

Lebih lanjut Elly tak menampik, sebelum penindakan ini diberlakukan lagi secara masif, jumlah pelanggaran berkendara di Kota Depok cukup tinggi.

Bentuk kesalahannya pun beragam, mulai dari pengemudi motor yang tidak menggunakan helm, menggunakan handphone saat berkendara dan melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

“Paling parah yang lawan arah. Alasan pelanggar biasanya karena dekat, padahal jauh dekat tetap pelanggaran dan membahayakan,” ucap Elly.

Baca Juga: Bikin Glowing Hingga Sembuh Tanpa Operasi, Ini Khasiat Air Kelapa

Terkait hal tersebut, sejumlah pejabat di Kota Depok bahkan ikut ambil bagian untuk kembali mensosialisasikan cara berkendara yang baik dan aman.

Pejabat Depok Turun ke Margonda

Adapun sejumlah pimpinan daerah yang mendukung program itu di antaranya, Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar, Dandim 0508, Kolonel Inf Agus Israk Miraj dan Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono.

Mereka tampak kompak ketika mengkampanyekan aturan kanalisasi di sekitar Jalan Margonda, Depok tadi pagi.

Baca Juga: Cakupan Vaksinasi Depok Telah Capai 69,34 Persen, Berikut Rinciannya

Sosialisasi terkait aturan jalur cepat dan lambat di Jalan Margonda. (DepokToday.com)
Sosialisasi terkait aturan jalur cepat dan lambat di Jalan Margonda. (DepokToday.com)

Dalam aturan tersebut dijelaskan, bahwa jalur lambat untuk kendaraan roda dua dan angkot, sedangkan jalur cepat untuk mobil pribadi atau angkutan umum.

“Bukannya ada diskriminasi antara kendaraan roda 2 dan 4 ya. Tapi optimalisasi ini diperlukan untuk mengurangi potensi kecelakaan dan tingkat keparahan luka akibat kecelakaan di Jalur Cepat,” kata Elly.

Selain melakukan sosialisasi keselamatan berkendara, dalam kesempatan itu aparat juga mengingatkan kembali tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan, utamanya soal penggunaan masker. (rul/*)