Debt Collector, Penjudi dan Ratusan Preman Depok Dibekuk Polisi

Hasil Operasi Sikat Jaya 2019, Polres Metro Depok (DepokToday, Rul)

MARGONDA– Sebanyak 102 orang pria di Depok, Jawa Barat, diamankan polisi dalam Operasi Sikat Jaya 2019. Dari hasil pemeriksaan sementara, beberapa diantaranya diduga melakukan sejumlah pelanggaran hukum seperti perjudian, hingga aksi premanisme. Mereka diringkus dari sejumlah wilayah di kota itu pada Sabtu, 16 November 2019.

Kasubag Humas Polres Metro Depok, Ajun Komisaris Polisi Firdaus mengungkapkan, operasi tersebut digelar secara serentak oleh seluruh polsek di sejumlah titik yang dianggap rawan terjadinya tindak kejahatan. Adapun sasaran atau target dari operasi ini ialah pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan dan aksi premanisme.

“Pada operasi ini kami berhasil mengamankan 102 orang terdiri dari 66 kasus, yang terdiri dari dua kasus judi, empat kasus debt collector (penagih utang) kemudian parkir liar sebanyak 60 kasus,” katanya

Dari ratusan orang tersebut, lanjut Firdaus, sebagian besar dilakukan pembinaan. “Sementara ini ada tujuh orang kami lakukan penahanan

karena terkait kasus judi, sisanya kami lakukan pembinaan,” ujarnya di dampingi Kanit Resmob Polres Metro Depok, Iptu Suparno

Firdaus mengatakan, pada operasi ini pihaknya juga berhasil mengamankan barang bukti dugaan pelanggaran hukum, seperti uang tunai Rp 177 ribu, kartu judi, satu unit Hp yang digunaka untuk berjudi  dan sejumlah senjata tajam.

“Sementara itu yang sudah kami lakukan secara maksimal. Operasi ini kami lakukan secara serentak, khususnya di titik rawan.”
Dirinya menambahkan, Operasi Sikat Jaya 2019 ini sengaja digelar untuk memberikan rasa aman pada masyarakat. “Mereka yang saat ini kami amankan selanjutnya akan kami kembangkan untuk memastikan ada tidaknya keterlibatan kasus pidana lain.” (rul/*)