Datangi Tiga Negara, Presiden Jokowi Akan Terima Jabatan Penting Dunia

Presiden Jokowi (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi (Foto: Istimewa)

DepokToday- Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi pada hari ini melakukan sejumlah kunjungan kerja ke beberapa negara. Adapun tujuannya kali ini adalah Italia, Skotlandia yang merupakan dari Britania Raya, dan juga Uni Emirat Arab (UEA).

“Pagi hari ini saya akan memulai kunjungan kerja ke tiga negara, yakni ke Italia kemudian ke Inggris Raya dan ke Persatuan Emirat Arab (UEA),” ujarnya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, dikutip Jumat 29 Oktober 2021.

Baca Juga: Berkas Pembunuhan Anggota TNI Diteliti Jaksa, Tersangka Segera Disidang

Di Italia, Presiden Jokowi akan mendatangi agenda penting, yakni KTT G20. Konferensi tersebut rencananya berlangsung pada 30 hingga 31 Oktober 2021.

Di negara tersebut, Presiden akan berbicara mengenai UMKM dan juga peran wanita. Dia juga bakal bertemu dengan sejumlah pemimpin dunia. Dan yang paling penting, Presiden Jokowi akan menerima keketuaan presidensi G20.

Itu artinya, maka Indonesia akan memimpin G20 selama satu tahun ke depan hingga 20 November 2022.

“Di akhir KTT, Indonesia akan menerima keketuaan presidensi G20 dari Italia. Keketuaan Indonesia ini dimulai 1 Desember 2021 sampai 30 November 2022,” kata Jokowi.

Baca Juga: Terpopuler DepokToday, 29 Oktober 2021: Jokowi Punya Kakak di Korea, Presiden Korea Traktir Jokowi

“Kegiatan G20 di bawah kepemimpinan Indonesia sudah akan dimulai bulan Desember ini,” sambungnya.

Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan, bahwa presidensi ini merupakan kehormatan sekaligus tanggung jawab besar bagi Indonesia yang harus dijalankan dengan baik.

“Ini merupakan sebuah kehormatan bagi kita, bagi Indonesia dan sekaligus tanggung jawab yang besar, yang harus kita jalankan dengan baik,” katanya.

Presiden Jokowi ke Skotlandia dan UEA

Setelah agenda di Italia selesai, Presiden Jokowi akan bertolak ke Glasgow, Skotlandia. Di kota tersebut, Jokowi akan menghadiri KTT Perubahan Iklim COP26 yang berlangsung pada 1-2 November 2021 dan dipimpin oleh Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson.

Kemudian setelah dari Glasgow, Jokowi akan terbang ke Dubai, Uni Emirat Arab untuk bertemu dengan Putra Mahkota dan Ruler of Dubai. (rul/*)