Datangi Dirjen KA, Komisi IV DPRD Jawa Barat Bahas Reaktivasi Jalur Kereta Api

JAKARTA-Komisi IV DPRD Jawa Barat (Jabar) menemukan sejumlah permasalahan terkait rencana reaktivasi jalur kereta api di wilayah Jabar.  Salah satunya adalah jalur kereta api yang sudah dijadikan rumah penduduk.

Atas dasar penemuan ini, DPRD Jabar mendorong agar stakeholder terkait, dalam hal ini Kementerian Perhubungan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, untuk bekerja sama agar perencanaan bisa berjalan lancar.

Rencana reaktivasi ini sudah dirancang saat penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Jabar. Namun, DPRD mempertanyakan mengenai prosedur pembebasan lahan yang tidak dilakukan oleh kementerian, melainkan oleh pemprov.

“Karena Provinsi mempunyai cita-cita untuk menghidupkan dan memaksimalkan transportasi massal,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Jabar Imam Budi Hartono, saat melakukan kunjungan ke Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Jumat (8/11/2019).

Dia menjelaskan, saat ini reaktivasi sudah ada di jalur Cianjur-Ciranjang. Selain itu, untuk menunjang pariwisata, Jabar juga berencana mengaktifkan lagi jalur kereta di daerah selatan seperti tujuan Ciwidey, Garut-Cikajang, dan Banjar-Pangandaran.

Sementara kereta api cepat Bandung-Jakarta dinilainya tidak menemukan permasalahan yang kompleks sehingga diharapkan pengoperasiannya sesuai dengan target yaitu pada 2021.(red/ayobandung.com)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here