Daftar Tempat Wisata Gratis di Depok, yang Terakhir Bikin Penasaran

Taman Balai Kota adalah salah satu tempat wisata gratis di Kota Depok. (Depoktoday.hops.id)
Taman Balai Kota adalah salah satu tempat wisata gratis di Kota Depok. (Depoktoday.hops.id)

DEPOK- Mengisi waktu libur dengan bersantai ke tempat wisata, apalagi gratis tentu jadi dambaan banyak orang, termasuk warga pinggiran Ibu Kota yang ada di Depok.

Selain dapat meningkatkan imun dan menenangkan pikiran, berwisata juga dipercaya dapat membangun keharmonisan keluarga.

Lalu bagaimana jika ternyata tak punya cukup modal untuk melancong. Tentunya ada banyak alternatif yang bisa dilakukan. Mulai dari bersantai di rumah, bermain bersama keluarga atau sekedar nonton film.

Tapi jika suntuk dan tetap ingin ke luar rumah ada loh sejumlah tempat di Kota Depok yang bisa dinikmati dengan cuma-cuma alias gratis. Dilansir dari javatravel.net, berikut 12 lokasi wisata ramah dompet di kota ini.

1.Taman Balai Kota Depok

Berlokasi di sekitaran Gedung Pemerintah Kota Depok, Jalan Margonda, Taman Balai Kota tentu bisa menjadi salah satu alternatif untuk bersantai bersama keluarga.

Sejumlah aneka bunga yang ditampilkan menjadi daya tarik tersendiri bagi kalian yang ingin memanjakan mata atau berswafoto bersama orang terdekat.

2.Wisata Alam Kampung 99 Pepohonan

Nama tempat wisata yang pertama ini memang unik. Cocok untuk mereka yang mencari suasana tenang, damai dan terasa sejuk setelah beraktivitas cukup padat dalam satu minggu penuh.

Kampung 99 Pepohonan ini merupakan tempat hunian sekaligus rekreasi yang berkonsep menyatu dengan alam.

Lokasi ini juga dikenal dengan nama kampung Rusa yang dekat dengan Masjid Dian Al Mahri. Kampung 99 Pepohonan ini berada di Jalan KH Muhasan II, kelurahan Maruyung Kecamatan Limo.

Tempat Wisata Gratis yang Keren di Depok

Masjid Kubah Emas (Depoktoday.hops.id)
Masjid Kubah Emas (Depoktoday.hops.id)

3.Masjid Kubah Emas

Masjid ini tentu sudah tak asing lagi lantaran menjadi salah satu ikon kebanggan Kota Depok. Ya, Masjid Dian Al Mahri atau yang populer disebut Masjid Kubah Emas itu tak hanya sebagai tempat beribadah tetapi juga wisata religi.

Diresmikan pada 31 Desember 2006 dan menjadi yang termegah di kawasan Asia Tenggara. Kubahnya mengacu pada kubah masjid-masjid di Persia dan India dengan balutan mozaik yang berlapiskan emas serta materialnya didatangkan langsung dari Itali.

Masjid Kubah Emas berada di jalan Raya Maruyung, Limo Depok. Setiap harinya selalu ramai dengan para jemaah baik dari warga sekitar ataupun pengunjung dari luar Depok.

4.Situ Asih Pulo

Kawasan wisata ini masih dalam tahap perbaikan, yang ditargetkan menjadi salah satu destinasi favorit di Depok.

Karena tergolong wisata baru sehingga lingkungan sekitarnya terlihat asri. Anda dapat menyaksikan pemandangan pohon-pohon hijau serta taman bunga yang tumbuh subur. Selain itu, udara lahan konservasi ini terbilang bersih dan sejuk untuk refreshing.

Situ Asih Pulo menyuguhkan panorama alam yang cukup instagramable, tak ayal dijadikan spot foto favorit. Area danau ini memiliki kedalaman kisaran 2 meter, ada wahana perahu yang bisa dimanfaatkan untuk berkeliling sekitar danau.

5.Situ Rawa Besar Lio

Berjarak sekira 1,5 kilometer dari Kantor Wali Kota Depok, tak heran pengunjungnya banyak berasal dari pusat kota.

Hanya saja akes jalan menuju lokasi harus melalui jalan setapak serta butuh tenaga ekstra. Luas danau kurang lebih 13 hektar dan dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Paduan alamnya sangat memanjakan mata, cocok sebagai tempat melepas rasa penat.

Di tempat ini tersedia perahu eratan yang membantu warga untuk menyebrang, terlebih anak-anak yang akan pergi sekolah. Jika ingin bermain wahana perahu, kocek yang dibutuhkan hanya sekira Rp 5.000 per orang.

Bernuansa Alam Liar

6.Hutan Kota Depok

Tak perlu jauh-jauh untuk menikmati kesegaran alam Kota Depok. Wisatawan bisa mampir ke Hutan Kota Depok yang diketahui menjadi alternatif liburan bersama keluarga.

Di sana ada sebuah danau yang juga asyik digunakan untuk memancing serta jalan setapak dan bangku-bangku untuk beristirahat yang menambah kesan romantis.

Ada pemandangan indah dari atas dengan udara sejuk. Lokasi hutan Kota Depok ini berada di sekitaran kampus UI.

7.Situ Bojongsari

Sebagian besar kawasan ini diselimuti oleh pepohonan hijau. Tempat wisata gratis di pinggiran Depok ini biasa didatangi para pemancing lantaran ikannya terkenal berukuran monster.

8.Setu Pengasinan Depok

Situ Pengasinan merupakan danau dengan luas enam hektar dan memiliki banyak fasilitas. Terutama untuk mereka yang ingin bermain air. Sementara bagi yang gemar memancing maka akan sangat cocok menemukan ikan lele, gurame, ikan mujaer, ikan mas dan masih banyak lagi

Setu Pengasinan Depok ini tepatnya terletak di Kelurahan Pengasinan Kecamatan Sawangan Depok.

9.Basecamp Komunitas Ciliwung Depok

Aliran Sungai Ciliwung yang melewati Depok kini menjadi sarana wisata edukasi dan alam. Kawasan sekitarnya selalu ramai setiap akhir pekan, karena ada wahana arung jeram yang menjadi daya tarik. Selain itu ada flying fox dan bridge jumping yang tersedia di pinggir sungai.

Baca Juga: Alur Cerita 4 Film Keren Marvel Tayang di Bioskop 2021, Catat Jadwalnya  

Situ Rawa Besar, Depok (Depoktoday.hops.id)
Situ Rawa Besar adalah salah satu tempat wisata gratis yang jadi primadona di Kota Depok (Depoktoday.hops.id)

10.Situ Pengasinan

Wisata ini bediri di atas tanah seluas enam hektar dan dikelilingi pohon-pohon rindang.Suasana alam yang asri dan sejuk menjadikan Situ Pengasinan sebagai destinasi favorit untuk berlibur.

Ada beragam fasilitas yang bisa dinikmati, diantaranya perahu bebek dan perahu rakit. Pengunjung juga bisa memancing di tepian situ asalkan membawa alat pancing sendiri.

11.Situ Cilodong

Sama seperti Situ Pengasinan, tempat wisata gratis di Kota Depok ini memang populer sebagai kawasan pemancingan. Danau ini juga tergolong ramai dikunjungi wisatawan terutama ketika akhir pekan.

Situ Cilodong ini berada di Kalibaru Kecamatan Cilodong. Wisatawan bisa sekadar bersantai disini karena cocok untuk tempat wisata keluarga

12.Cagar Alam Depok

Sebagai salah satu cagar alam tertua di Indonesia, tentunya banyak sejarah dan misteri yang tersimpan.

Di dalam destinasi ini terdapat tujuh sumur yang airnya tidak pernah mengering, meskipun di musim kemarau.

Banyak binatang pula yang berkeliaran bebas di dalam cagar alam. Diantaranya kawanan kera, kelinci, hingga ular sanca sebesar paha orang dewasa pernah ditemukan. (rul/*)