Daftar Hitam Lapas di Indonesia yang Terbakar, Penyebabnya Mengerikan

Korban tewas akibat insiden kebakaran di Lapas Tangerang. Persitiwa ini menambah daftar kelam catatan dari dalam penjara Indonesia (Foto: Istimewa)
Korban tewas akibat insiden kebakaran di Lapas Tangerang. Persitiwa ini menambah daftar kelam catatan dari dalam penjara Indonesia (Foto: Istimewa)

DepokToday- Sebanyak 41 narapidana tewas dan puluhan orang lainnya luka-luka akibat kobaran api di Lapas Kelas I Tangerang pada Rabu dini hari, 8 September 2021. Peristiwa kelam itu sontak menambah catatan hitam kasus dari dalam penjara Indonesia.

Data yang berhasil dihimpun DepokToday.com, kasus serupa sebelumnya juga sempat terjadi di beberapa daerah. Berikut ulasannya:

1.Lapas Kelas II A Banda Aceh yang terletak di Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar rusuh, pada Kamis, 4 Januari 2018. Para narapidana mengamuk membakar dan merusak kaca di bagian depan bangunan Lapas tersebut.

Data yang dikutip dari Tempo menyebutkan, api sempat membakar sebagian ruangan. Delapan unit pemadam kebakaran kemudian dikerahkan ke LP tersebut. Polisi juga berusaha mengamankan para napi.

2.Lapas Kelas II-A Biaro, yang berada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, terbakar pada Senin siang, 21 Januari 2019.

Hingga sekira pukul 15:00 waktu setempat, api masih berkobar. Kebakaran terjadi di salah satu blok yang ada di LP tersebut. Laporan sementara, api menghanguskan empat ruang tahanan. Percikan api sendiri diduga akibat hubungan pendek arus listrik.

3.Lapas Sorong di Papua Barat terbakar. Kebakaran disebut berawal dari provokasi massa pendemo.

“Betul (Lapas Sorong terbakar) karena provokasi para pendemo dari luar lapas,” kata Kabag Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Ade Kusmanto dikutip dari detikcom, pada Senin 19 Agustus 2019.

Akibat peristiwa itu sejumlah napi yang menghuni Lapas tersebut melarikan diri.

Kasus Lapas di Indonesia

4.Sabtu 11 April 2020, kebakaran terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Tuminting, Manado, Sulawesi Utara, ketika terjadi kerusuhan.

5.Kasus serupa juga terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Kabanjahe, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, pada Rabu 12 Februari 2021. Kebakaran diduga akibat ulah napi yang kecewa karena rekan mereka dihukum dengan menggunakan rantai.

Baca Juga: Satu Napi Teroris yang Berulah di Depok Ikut Tewas di Lapas Tangerang

Nah, dari sejumlah kasus kebakaran di dalam penjara atau Lapas di Indonesia itu, paling banyak menelan korban jiwa adalah insiden di Lapas Kelas I Tangerang. Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu dini hari, 8 September 2021.

Dalam kejadian itu 41 napi dilaporkan tewas, sedangkan 8 orang lainnya luka berat dan 73 orang luka ringan. Polisi dan pihak terkait masih menyelidiki penyebab pasti kasus tersebut. (rul/*)