Cuma Bayar Rp1 Bisa Ikut Uji Coba KRL Jogja-Solo, Yuk Simak Cara Daftarnya

KRL Commuter Line di Stasiun Jakarta Kota. (Foto: DepokToday/Tdr)

YOGYAKARTA—KRL Commuter Line kini tidak hanya ada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) atau Daop 1 Jakarta saja.

Tahun ini, rangkaian kereta api dengan arus listrik sebagai tenaga penggeraknya itu, siap beroperasi di wilayah Daop 6 Yogyakarta dengan rute Yogyakarta-Solo.

Nah, sebelum benar-benar dioperasikan. Pihak PT KAI Commuter, anak usaha dari PT KAI yang ditugaskan menangani KRL, sudah melakukan berbagai uji coba terkait sarana dan prasarana.

Dibaca Juga: https://depoktoday.hops.id/layanan-krl-commuter-line-diperluas-sampai-merak-dan-yogyakarta/

Dan pada tanggal 1 Februari 2021, PT KAI bersama PT KAI Commuter berencana melakukan uji coba KRL dengan berpenumpang.

Untuk mengikuti uji coba tersebut, penumpang hanya dikenakan biaya Rp1. Wah, murah banget kan. Namun, sebelum naik KRL uji coba itu, ada beberapa persyaratannya loh. Berikut ini cara dan persyaratannya, disimak ya.

Dikutip dari laman media sosial resmi KAI, Rabu 27 Januari 2021, pendaftaran dibuka setiap hari pada pukul 00:00 WIB mulai 1 Februari 2021. Uji coba KRL rencananya berakhir pada 7 Februari 2021.

Agar bisa mendapat kuota antrean untuk ikut perjalanan uji coba KRL, calon penumpang harus memiliki atau mendownload aplikasi KRL Access.

Satu antrian hanya berlaku untuk satu orang. Oleh karena itu, jika tiga calon peserta mengikuti uji coba bersama, ketiganya harus memiliki antrean yang sukses dan sesuai dengan aplikasi KRL Access di ponsel masing-masing.

Satu antrean juga berlaku untuk satu perjalanan, tidak berlaku pulang pergi. Sehingga bila #Railfriends hendak mengikuti uji coba pulang pergi, pastikan telah mengambil antrean untuk dua perjalanan (perjalanan pergi dan perjalanan pulang).

Perlu diperhatikan bahwa setiap orang yang berpartisipasi dalam uji coba harus membawa Kartu Multi Trip (KMT) atau kartu uang elektronik milik bank. Satu tiket KMT dan satu uang elektronik bank berlaku untuk satu orang.

Cara Pendaftaran

Langkah Pertama, persiapkan KMT/Uang Elektronik/Alat pembayaran berbasis QR Code dengan saldo cukup.

Langkah Kedua, pastikan sudah mengunduh dan memperbaharui aplikasi KRL Acces di ponselmu.

Langah Ketiga, pilih Menu “Ambil Antrean”.

Langkah Keempat, pilih stasiun keberangkatan.

Langkah Kelima, pilih jadwal keberangkatan. Pukul 09:25 menunjukan waktu boarding. Dan pukul 09:40 menunjukan waktu keberangkatan KRL.

Langkah Keenam, konfirmasi keberangkatan.

Langkah Ketujuh, ambil antrean sukses.

Langkah Kedelapan, diizinkan masuk, jika waktu check-in masuk dalam jangka waktu antrean yang sudah diambil sebelumnya.

Langkah Kesembilan, tidak diizinkan masuk, jika waktu check-in masuk kurang dari jangka waktu antrean yang sudah diambil sebelumnya.

Peserta uji coba KRL dibatasi setiap harinya karena menjalankan protokol kesehatan COVID-19. Peserta juga diwajibkan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Selain itu, peserta juga memakai pakaian lengan panjang, disarankan menggunakan pelindung wajah (face shield), membawa alat ibadah milik pribadi, membawa hand sanitizer, serta membawa tisu basah dan kering.

“Saat berada di dalam stasiun dan di dalam KRL tetap menjaga diri dan tetap taat terhadap protokol COVID-19,” tulis KAI Commuter.

(tdr/*)