Cukup Sebentar, Ini Sederet Manfaat Tidur Siang yang Sayang Dilewatkan

ilustrasi tidur (Foto: Istimewa)
ilustrasi tidur (Foto: Istimewa)

DepokToday – Umumnya tidur pada siang hari dilakukan oleh anak-anak. Namun, ternyata manfaat dari tidur siang bisa juga dirasakan oleh orang dewasa. Ya tidur siang yang dilakukan oleh orang dewasa ternyata juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh.

Melansir dari Kompas.com pada Jumat 17 September 2021, menurut spesialis gangguan tidur dan perilaku Michelle Drerup, tidur siang dapat membantu kita merasa sedikit lebih energik, waspada dan rileks.

Untuk beberapa orang dengan gangguan tidur, tidur siang bisa menjadi bagian terjadwal dari rencana perawatan Anda.

Berikut ini sejumlah manfaat tidur siang bagi orang dewasa:

1.Meningkatkan kinerja

Tidur siang sebentar saja dapat menghilangkan rasa kantuk. Berbagai penelitian juga menemukan bahwa tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan, mempercepat reaksi tubuh, dan meningkatkan kemampuan penalaran logis.

Baca Juga: Kejari Depok Tetapkan 3 Orang Tersangka Kasus Disdik, Ini Identitasnya

2.Meningkatkan memori

Para peneliti telah menemukan bahwa orang-orang yang mempelajari tugas-tugas baru bisa mengingatnya lebih baik setelah tidur siang singkat. Satu studi menemukan bahwa orang yang tidur siang selama satu jam mampu mengingat informasi baru lebih baik daripada orang yang tidak tidur siang.

3.Meredakan stres

Tidur siang dapat membantu meredakan stres dan mengubah suasana hati yang buruk. Penelitian telah menunjukkan bahwa setelah tidur siang, orang menjadi kurang impulsif dan dapat mengatasi frustrasi dengan lebih baik. Cara terbaik untuk tidur siang Semua manfaat tersebut bisa Anda dapatkan jika tidur siang yang Anda lakukan berkualitas.

Semua keuntungan tersebut bisa Anda dapatkan jika tidur siang yang dilakukan berkualitas. Berikut tips tidur siang berkualitas: Tidur sebentar saja. Anda tidak perlu tidur terlalu lama. Cukup tidur selama 15 hingga 30 manfaatnya sudah bisa dirasakan. (lala/*)