Cristiano Ronaldo Contohkan Hidup Sehat Dengan Pilih Air Mineral

Cristiano Ronaldo tunjukan air mineral saat konferensi pers. (Twitter.com/MedioClubID)
Cristiano Ronaldo tunjukan air mineral saat konferensi pers. (Twitter.com/MedioClubID)

DEPOK – Aksi pesepak bola, Cristiano Ronaldo beberapa hari terakhir sedang menjadi sorotan. Tapi sorotan kali ini bukan karena prestasinya.

Pemegang trofi ballon d’or 5 kali itu menjadi sorotan karena dianggap menjadi penyebab meruginya perusahaan soda dunia Coca-Cola hingga Rp 57 triliun, lewat aksinya yang menyingkirkan dua botol minuman soda tersebut saat sedang melakukan konferensi pers jelang laga Hungaria vs Portugal.

Baca Juga : Cristiano Ronaldo Memburu Rekor saat Portugal Ditantang Hungaria

Saat itu, Cristiano Ronaldo datang didampingi pelatihnya, Fernando Santos. Keduanya, disediakan masing-masing tiga botol minuman, yakni satu boto air mineral dan dua botol minuman Coca-Cola yang merupakan sponsor resmi Piala Erpoa 2020.

Tanpa berfikir lama, Cristiano Ronaldo langsung menyingkirkan dua botol minuman Coca-Cola di depannya. Kemudian, Ia mengangkat satu botol air mineral sambil berteriak “minum air.”

Cristiano Ronaldo geser minuman soda dan tunjukan air mineral saat konferensi pers. (Twitter.com/MedioClubID)
Cristiano Ronaldo geser minuman soda dan tunjukan air mineral saat konferensi pers. (Twitter.com/MedioClubID)

Belakangan diketahui, Cristiano Ronaldo menghindari minuman bersoda karena demi menjaga pola hidup sehat. Tak heran, meski usianya sudah 36 tahun, karirnya masih cemerlang di dunia sepak bola.

Baca Juga : Tentang Rekor Gol Internasionalnya, Cristiano Ronaldo Bilang Seperti Ini

Manfaat Minum Air Mineral

Air mineral memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Banyak ahli telah membuktikan pentingnya minum air mineral bagi tubuh.

Berikut manfaat air mineral yang dihimpun Depoktoday dari berbagai sumber :

1. Menyehatkan tubuh dan fikiran

Dilansir dari laman resmi Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan RI, minum air mineral 8 gelas sehari bisa membantu mencegah dehidrasi bagi tubuh.

Selain itu, ada juga tiga manfaat lain yakni membantu mencegah berat badan, menjaga pikiran tetap fokus, dan meningkatkan kesehatan kulit.

2. Membangkitkan otot

Laman hellosehat.com merangkum 6 manfaat minum air mineral salah satunya adalah membangkitkan otot. Sel –sel otot yang tidak memiliki cairan yang cukup tidak akan mampu mempertahankan cairan dan elektrolit, sehingga otot akan kelelahan. Otot tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya akan berkurang.

Beberapa ahli merekomendasikan, minum air setengah liter pada 2 jam sebelum mulai olahraga adalah penting.

3. Memelihara fungsi ginjal

Saat cairan tubuh mencukupi, urine yang normal akan mengalir bebas, jernih, dan bebas bau. Ketika tidak cukup, konsentrasi urine, warna, dan baunya akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya.

Itulah mengapa kalau kita jarang minum air mineral, risiko terkena batu ginjal akan meningkat apalagi jika tinggal di daerah beriklim panas atau hangat.

4. Mempertahankan fungsi usus yang normal

Bila kita minum air mineral yang cukup, makanan yang kita konsumsi bisa dengan lancar melewati saluran pencernaan dan mencegah terjadinya penyakit konstipasi (sembelit).

Sebaliknya, bila konsumsi air kita tidak cukup, usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, sehingga akan membuat kondisi sulit buang air besar (BAB).

5. Meningkatkan energi

Air sangat penting untuk membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan membuang limbah sisa pencernaan yang tidak diperlukan.

Tubuh setiap hari mengeluarkan cairan, baik melalui urine, keringat, hingga saat bernapas. Maka dari itu, tingkatkan konsumsi cairan sesuai dengan kebutuhan dengan rajin minum air mineral.

(ade/*)