COVID Depok Hari Ini Masih Meningkat, Pasien Aktif Capai 11.813 Jiwa

ilustrasi corona (istimewa)

DEPOK – Kasus penambahan COVID Kota Depok masih mengalami peningkatan yang signifikan pada Selasa 6 Juli 2021.

Berdasarkan data Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat atau Pikobar, jumlah pasien aktif Kota Depok mencapai 11.813 atau bertambah 848 orang dari yang sebelumnya sebanyak 10.965 orang.

Jumlah ini nyatanya membuat ketersediaan kamar perawatan di rumah sakit semakin berkurang. Pemerintah Kota Depok berupaya menambah ruang perawatan dengan cara meminta seluruh rumah sakit menambah bed mereka.

Baca juga:COVID Meledak di RI, Siti Fadilah Supari: Kemenkes Jujurlah

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok Dadang Wihana menyebutkan,  penyediaan kamar isolasi telah dilakukan pihaknya di Asrama UI. Rencananya kata dia, lokasi ini bisa digunakan pada pada 9 Juli mendatang. “Iya tanggal 9 nanti digunakan,” ucap dia.

Beroperasinya tempat perawatan pasien dengan gejala ringan COVID-19 ini sedikit memberi harapan kalau Bed Occupancy Ratio (BOR) bisa berkurang. Sebab, di lokasi ini, sekira 300 pasien bisa ditampung.

Penambahan kasus ini bukan hanya terjadi di Depok. Sejumlah wilayah lain juga mengalami hal serupa. Peningkatan kasus yang signifikan ini diduga karen virus yang telah bermutasi. Dampaknya, tingkat penyebaran lebih cepat berlangsung.

Di Depok sendiri, varian COVID yaitu Delta telah ditemukan. Hasilnya diketahui, ketika 10 sampel dikirim pemerintsh Depok ke LIPI.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (GTPPC)) Kota Depok menyampaikan informasi tentang kasus varian delta di Depok.

Lewat surat pemberitahuan yang ditandatangan Wali Kota Depok Mohammad Idris itu, diketahui jika ada 10 kasus varian delta di kota tersebut.

“Bahwa saat ini, berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Whole Genome Sequencing (WGS) di Laboratorium LIPI. Dari 10 specimen warga Depok yang dilakukan pemeriksaan dengan hasilnya 10 Positif COVID-19 Varian Delta B.1.617.2,” terang surat tersebut. (lala/*)