COVID-19 di Depok Semakin Membaik, Dirawat di Rumah Sakit Sisa 24 Pasien

RSUD Depok menjadi salah satu rumah sakit rujukan pasien COVID Depok. (DepokToday.com)
RSUD Depok menjadi salah satu rumah sakit rujukan pasien COVID Depok. (DepokToday.com)

DepokToday – Pemerintah Kota Depok terus mencatatkan tren perbaikan kasus COVID-19 selama beberapa pekan kebelakang. Salah satu indikator perbaikannya adalah menurunnya angka Bed Occupancy Rate (BOR).

Seperti terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok. Saat ini, BOR disana hanya 9,09 persen atau tersisa 12 pasien COVID-19 yang dirawat dari total 132 bed tersedia.

“Per 12 Oktober 2021, dari total 132 bed yang disediakan untuk pasien COVID-19, hanya terisi sekitar 12 bed saja. Alhamdulillah itu karena jumlah pasien terus menurun setiap harinya,” kata Direktur RSUD Kota Depok, Devi Maryori dikutip dari situs resmi Pemkot Depok, Rabu 13 Oktober 2021.

Devi menuturkan, 12 pasien COVID-19 di RSUD Kota Depok itu diantaranya 10 pasien di ruang rawat, satu pasien di ICU, dan satu pasien lainnya di kamar bersalin (VK).

Baca Juga: RSUD Depok Wilayah Timur Ditargetkan Beroperasi Tahun 2022

Lebih jauh, Devi mengatakan, masih ada delapan pasien yang berada di Unit Gawat Darurat (UGD). Mereka belum dapat ditetapkan sebagai pasien COVID-19 karena masih menunggu hasil pemeriksaan.

“Pasien-pasien ini masih menunggu hasil swab PCR, laboratorium, rontgen. Dari hasil pemeriksaan ini akan dikonsultasikan ke dokter spesialis,” pungkasnya.

Berdasarkan data dari situs Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Provinsi Jawa Barat atau Pikobar, BOR di Kota Depok secara keseluruhan hanya tersisa 2,83 persen atau terisi 24 bed dari 847 bed tersedia.

Dari data itu pula, dari 22 rumah sakit yang melayani pasien COVID-19, hanya 10 rumah sakit yang terisi. RSUD Kota Depok menjadi satu-satunya rumah sakit terbanyak yang merawat pasien Virus Corona. Sisanya, hanya merawat empat, dua sampai dengan satu pasien saja. (ade/*)