COVID-19 Depok Melejit, Disdukcapil Depok Sesuaikan Jadwal Pelayanan

Suasana peresmian mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).(Foto: Istimewa)

DEPOK – Menyikapi terus meningkatnya laju penderita COVID-19 di Kota Depok, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil melakukan penyesuaian jadwal pelayanan mulai tanggal 21 Juni 2021.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Depok, Nuraeni Widayatti mengatakan, sejak tanggal itu hingga tanggal 30 Juni 2021, pihaknya hanya melayani dokumen kependudukan seminggu tiga kali yakni pada hari Senin, Rabu dan Jumat.

“Pada hari tersebut, warga bisa mengambil maupun mengurus dokumen kependudukan mulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB,” kata Nuraeni saat dikonfirmasi, Sabtu 19 Juni 2021.

Baca Juga : Kasus COVID di Depok Sehari 511 Orang, Tertinggi Sejak Pandemi

Nuraeni mengatakan, selain untuk mengurangi kerumunan, penyesuaian jadwal pelayanan itu juga berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 13 Tahun 2021 tentang perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro, terhitung sejak tanggal 14-28 Juni 2021.

“Atas instruksi tersebut, semua pelayanan mengalami penyesuaian. Ada pembagian kerja di rumah dan kerja di kantor,” kata Nuraeni.

Namun begitu, lanjut Nuraeni, meski pelayanan hanya dilakukan selama tiga hari dalam seminggu, pihaknya tetap memberikan layanan secara online melalui pesan WhatsApp pada nomor 0811-166-864.

Baca Juga : Jadi Syarat PPDB, Disdukcapil Kebanjiran Pemohon Legalisir Dokumen Kependudukan

“(Tapi) masyarakat tetap akan dilayani pada hari berikutnya (saat ada jadwal pelayanan) saat petugas masuk kantor,” kata Nuraeni.

Nuraeni mengatakan, alasannya karena pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil) memerlukan sistem yang hanya dapat dilakukan dari kantor, maka pelayanan online tetap harus menunggu pelayanan di kantor.

“Mudah-mudahan pandemi cepat berlalu dan penambahan kasus segera menurun. InsyaAllah pelayanan kami akan kembali normal pada 1 Juli 2021,” kata Nuraeni. “Kami akan terus memaksimalkan dan memastikan pelayanan yang memudahkan masyarakat. Termasuk juga menekan penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja Disdukcapil Kota Depok.” (ade/*)