Corona Musuh Dunia

Direktur Eksekutif II International Conference of Islamic Scholar (ICIS), Khariri Makmun, LC, Dpl. MA (pegang microphone).(Istimewa)

PENYEBARAN virus Corona atau Covid-19 hampir melanda seluruh dunia. Bermula dari China, virus ini terus menyerang dan menghantui banyak negara.

Direktur Eksekutif II International Conference of Islamic Scholar (ICIS), Khariri Makmun, LC, Dpl. MA, menilai, setelah terorisme menjadi permasalahan global saat ini muncul virus Corona menjadi perhatian dunia.

“Kita lihat situasi global saat ini, bila ditarik mundur tahun 2002 dinamika persoalan cepat berkembang. Mulai dari Isu teroris dengan munculnya ISIS dan sekarang Corona. Tiap 5 tahun muncul isu yang mengagetkan dunia,” ujarnya kepada wartawan di kawasan Kukusan, Kecamatan Beji, belum lama ini.

Khariri mengaku telah berkoordinasi dengan sejumlah tokoh lintas agama dan perwakilan negara. Ia menambahkan, bila sebelumnya pembahasan pertemuan membahas tentang teroris. Namun, saat ini pembahasan global terkait isu penyakit Corona atau kesehatan dan lingkungan.

“Corona telah menjadi ancaman internasional. Untuk itu, perang melawan Corona digaungkan karena sudah banyak menelan jiwa,” paparnya.

Menurutnya, sejumlah negara telah melakukan Lock Down dalam menyikapi Covid-19. Bahkan, lanjutnya, sejumlah negara di Timur Tengah telah menutup akses keluar masuk dan meliburkan salat Jumat.

“Khusus di Indonesia dalam hal salat Jumat dan berjemaah ada Fatwa MUI serta Pemerintah. Kita berharap dengan usaha yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam menangani dan pencegahan virus Corona cepat selesai,” harapnya.

Berdasarkan informasi terakhir per Kamia (26/3/2020) pukul 15.56 WIB jumlahnya bertambah menjadi 473.173 kasus menjangkiti 198 Negara.

Dari total kasus tersebut telah menelan korban 21.336 pasien meninggal dunia dan 114.779 dinyatakan sembuh.

(ahi)