Cinta Damai, M1R Fokus untuk Maluku Emas

Pengurus M1R Salam Sarane (Istimewa)

BOGOR– Dewan Pengurus Pusat (DPP) organisasi Maluku Satu Rasa (M1R) Salam Sarane sukses melaksanakan rapat program kerja prioritas dengan beberapa agenda unggulan jangka pendek dan jangka menengah.

Sekjen DPP M1R Salam Sarane, Maun Sangadji menuturkan, program itu telah ditetapkan oleh para pengurus untuk selanjutnya dilaksanakan secara simultan dan berkesinambungan. Maun menyebut, proses demokrasi organisasi ini sangat dinamis dan komprehensif dalam tiap perdebatan, harmonisasi diskusi yang timbul begitu kental dengan rasa persaudaraan ikatan pela gamdong yang kuat mengakar di adat istiadat dan budaya basudara.

“Sesuai moto kami, iris dikuku rasa didaging,” katanya dalam rilis yang terima DepokToday.com pada Kamis 16 Juli 2020

Kegiatan rencana program kerja I DPP M1R Salam Sarane di ikuti oleh sejumlah perwakilan dari 14 Dewan Pengurus Wilayah (DPW) se-Jabodetabek. Kegiatan tersebut berlangsung di Villa Sigaol Ciapus Kabupaten Bogor dengan tema bertajuk Maluku edukasi, modern, amanah dan sinergy (Emas).

Ketua Umum M1R Salam Sarane, Yoel Yakob Patty dalam sambutannya menyampaikan perlunya menjaga dan menumbuhkan rasa ikatan pela gandong yang telah menyatukan sesama anak bangsa dalam organisasi ini.

“Kita mampu membangun pembaharuan diantara kita secara kekeluargaan, dan saatnya sekarang kita isi dengan bagaimana dengan keberadaan katong mendorong dan mengisi pembangunan bagi negeri kita Maluku dan negara kita Indonesia secara keseluruhan,” ujarnya

Yoel menuturkan, bahwa prioritas program kerja harus menyentuh seluruh lapisan masyarakat yang ada di tanah adat Maluku sehingga keberadaan organisasi ini dirasakan oleh seluruh masyarakat, khususnya warga Maluku. Menurutnya, disiplin adalah modal dasar menuju Maluku Emas.

Pengurus organisasi M1R Salam Sarane (istimewa)

Dengan demikian, ia berharap dengan tema ini Maluku segera bangkit. “Kita bangkit sebagai anak-anak Maluku yang memiliki pemikiran luas membangun jati diri yang lebih baik dimasa sekarang,” tuturnya

Yoel juga berharap, pihaknya mampu menjalankan dan menyelesaikan tugas apapun yang diberikan dan bekerjasama dengan elemen masyarakat manapun guna membangun ketahanan ekonomi dan masyarakat modern secara konsisten.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas dan Pertimbangan Anggota DPP M1R Salam Sarane, Letkol (Purn), Michael Sopacua mengingatkan seluruh pengurus organisasi ini agar tetap pada keteguhan hati membangun sinergitas kekeluargaan pela gandong sebagai modal melangkah membangun negeri dan mengisi pembangunan masa depan yang lebih baik.

“Tinggalkan cara-cara kekerasan yang tidak bermanfaat dimasa kini, karena kita tidak lagi membutuhkan kekerasan dalam penyelesaian masalah. Hukum negara menjadi panglima di zaman milenia ini, imbuhnya,” katanya

Pria yang juga sempat menjabat sebagai Wadan POM Patimura Maluku, dan digadang-gadang sebagai bakal calon wali kota Ambon ini juga mengajak seluruh putra-putri Maluku untuk membuktikan kepada dunia bahwa orang Maluku cinta damai, senang dengan ketenangan dan sangat kuat menjaga harmonisasi dalam kehidupan.

“Seluruh anggota dan pengurus Maluku Satu Rasa (M1R) Salam Sarane wajib disiplin dalam menjalankan amanah organisasi dan memegang teguh ikatan pela gandong kita orang Maluku,” tuturnya

Rapat kerja ini menghasilkan beberapa program penting, termasuk didalamnya akan segera menyiapkan tenaga-tenaga enterpreneurship bagi anggota dan pengurus M1R Salam Sarane dimasa datang. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here