Cinere Sekarang Punya Polsek

Polsek Cinere
Polsek Cinere yang dulunya bernama Polsek Limo. (Foto: Tangkapan layar akun Polsek Cinere)

CINERE—Setelah Polsek Tajurhalang, kini muncul satu lagi polsek baru di wilayah hukum Polres Metro Depok, yaitu Polsek Cinere.

Meski tergolong baru, kehadiran Polsek Cinere ternyata perubahan nama dari Polsek Limo.

Hal ini dikarenakan lokasi Polsek Limo yang berada di wilayah Kecamatan Cinere, sehingga sesuai kewilayahan nama Polsek Limo harus diganti menjadi Polsek Cinere.

Perubahan tersebut juga berdasarkan pada naiknya tipe Polres Kota Depok menjadi Polres Metro Depok per tanggal 3 Januari 2020, dimana salah satu rencananya menambah jumlah polsek.

Kapolsek Cinere, Kompol Tata Irawan, menjelaskan, nama Polsek Limo berubah menjadi Polsek Cinere mengingat akan ada penambahan beberapa polsek di Kota Depok sesuai arahan Kapolri tentang adanya polsek di setiap kecamatan.

DIBACA JUGA: https://depoktoday.hops.id/polsek-tajurhalang-resmi-beroperasi-kombes-imran-berikan-dedikasi-yang-tulus/

“Polsek Limo beralamat di Cinere jadi ada pergantian nama. Ke depan Polsek Limo juga akan dibangun. Senin kemarin peresmiannya dihadiri oleh Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar,” jelas Kompol Tata disitat berita.depok.go.id, Rabu 28 April 2021.

Meskipun berubah nama, Kompol Tata menegaskan struktural di Polres Cinere sama sekali tidak ada perubahan.

“Jadi.menyangkut wilayah teritorial maupun dalam hal dokumen administrasi, nantinya akan disesuaikan dengan nama baru yakni Polsek Cinere,” paparnya.

Untuk sementara waktu, lanjut Kompol Tata, Polsek Cinere tetap membawahi dua kecamatan yakni Cinere dan Limo.

“Untuk saat ini tidak ada perubahan, apapun baik secara struktural keorganisasian maupun dalam hal wilayah hukum. Kami Polsek Cinere tetap memiliki wilayah hukum delapan kelurahan dilingkup Kecamatan Limo dan Cinere, dan soal administrasi surat menyurat nanti akan disesuaikan,” terangnya.

DIBACA JUGA: https://depoktoday.hops.id/naik-tipe-polres-depok-akan-tambah-enam-polsek/

Dia menambahkan, di Kota Depok setiap polsek hampir membawahi dua kecamatan. Hanya Polsek Beji yang satu kecamatan.

“Yang satu polsek dua kecamatan antara lain Polsek Cinere, Polsek Pancoran Mas, Polsek Sukmajaya, Polsek Sawangan dan Polsek Cimanggis,” tutupnya.

Sekadar informasi, saat ini Polres Metro Depok memiliki delapan polsek yakni Cinere, Sukmajaya, Beji, Cimanggis, Sawangan, Pancoran Mas, Bojonggede dan Tajurhalang.

Sedangkan polsek yang akan ditambah yakni Polsek Cilodong, Polsek Cipayung, Polsek Tapos, Polsek Bojongsari dan Polsek Limo.

(tdr/*)