Ciliwung Depok Siaga Dua, Jakarta Waspada Banjir

Pos Pantau Jembatan Panus, Kali Ciliwung, Depok (DepokToday/Rul)

PANCORAN MAS– Tinggi muka air aliran Kali Ciliwung Depok terpantau kembali mengalami peningkatan pada Senin pagi, 8 Februari 2021. Petugas setempat melaporkan, air saat ini berada pada posisi siaga dua.

Penjaga Pos Pantau Jembatan Panus Depok, Syarif, menuturkan, ketinggian air terjadi sejak sekira pukul 09:00 WIB sampai dengan pukul 10:00 WIB.

“Saat ini bertahan di posisi 260 cm, atau masuk pada siaga dua,” katanya

Baca Juga: Pasangan Mesum Diciduk Bareng 10 PSK Pasar Kambing

Ia memperkirakan, air dari Depok ini akan tiba di Jakarta sekira 6 hingga 7 jam kedepan

“Perhitungannya dari Depok sampai Manggarai kisaran 6-7 jam,” ucap Syarif

Syarif menyebut, pihaknya telah berkooordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk mengantisipasi adanya luapan air di bantaran Ciliwung.

“Kita dari setiap titik telah menyediakan petugas-petugas dan mesin pompa di pintu-pintu air, terutama di daerah-daerah yang rawan banjir,” paparnya

Jika dilihat dari kondisi cuaca saat ini, potensi air semakin tinggi bisa saja terjadi.

“Kita lihat dari kondisi cuaca sat ini masih mendung dan informasi dari BMKG pun masih kami pantau. Informasi-informasi penambahan air masih kita pantau.”

Dirinya mengatakan, Pintu Air Katulampa, Bogor, sempat mengalami ketinggian namun kini air sudah masuk ke Depok.

“Kemungkinan ada hujan-hujan lokal di bawah Katulampa, hujan merata dari Bogor dan Depok. Iya itu berpotensi air bertambah.”

Terkait hal tersebut, Syarif pun mengimbau pada masyarakat di bantaran Ciliwung untuk lebih waspada, mengingat kondisi saat ini sudah masuk siaga dua.

“Kami mengimbau untuk lebih hati-hati menjaga keselamatan, arusnya cukup deras. Kita sebagai pemantau akan terus memberikan informasi-informasi pada instansi terkait untuk penanganan lebih lanjut,” katanya. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here