Chelsea Kangen Juara, Villarreal Mau Bikin Sejarah Lagi

Chelsea akan menghadapi Villarreal di Piala Super UEFA, Kamis 12 Agustus 2021 dini hari WIB.(Foto-foto: UEFA)
Chelsea akan menghadapi Villarreal di Piala Super UEFA, Kamis 12 Agustus 2021 dini hari WIB.(Foto-foto: UEFA)

DepokToday—Piala Super UEFA antara Chelsea melawan Villarreal akan dipertandingkan di Windsor Park, Belfast, Irlandia Utara, Kamis 12 Agustus 2021 dini hari WIB.

Sebagai juara Liga Champions, Chelsea dijagokan memenangkan laga, seiring dengan catatan rekor Piala Super edisi terakhir yang dijuarai oleh Bayern Munchen (juara Liga Champions 2019/2020).

Chelsea lebih berpengalaman dibandingkan Villarreal di pertandingan ini. The Blues -julukan Chelsea- sudah empat kali tampil di laga penentu Raja Benua Biru ini.

BACA JUGA: Chelsea dan Villarreal Diadu di Pertandingan Piala Super UEFA 2021

Chelsea, bagaimanapun, memiliki desain untuk menjadi tim ke-11 dalam sejarah Piala Super UEFA yang telah memenangkan kompetisi dalam beberapa kesempatan. Satu-satunya kemenangan The Blues hingga saat ini terjadi pada tahun 1998.

Trofi juara Piala Super UEFA.(Foto: Twitter)
Trofi juara Piala Super UEFA.(Foto: Twitter)

Rasa kangen untuk mengangkat trofi lagi akan dimaksimalkan Chelsea saat berjumpa dengan Villarreal dini hari nanti WIB.

“Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk merebut trofi,” tutur Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, dilansir UEFA.com.

Persiapan Chelsea menghadapi pertandingan penting ini juga sudah matang. Pada laga persahabatan pramusim, Chelsea menang 6-1 atas Peterborough, tanggal 17 Juli 2021, menang 2-1 dari Bournemouth, 27 Juli 2021, mengalahkan Arsenal 2-1, tanggal 1 Agustus 2021, dan imbang 2-2 dengan Tottenham, tanggal Agustus 2021.

Belfast's Windsor Park di Irlandia Utara, arena pertandingan Chelsea vs Villarreal di Piala Super UEFA 2021.(Foto: Twitter)
Belfast’s Windsor Park di Irlandia Utara, arena pertandingan Chelsea vs Villarreal di Piala Super UEFA 2021.(Foto: Twitter)

Mau Ukir Sejarah Lagi

Sementara itu, Villarreal bisa menjadi tim ke-25 yang mengangkat Piala Super UEFA di Belfast.

Dua puluh empat tim dari 12 negara berbeda telah mengangkat Piala Super UEFA selama bertahun-tahun.

Villarreal akan membuatnya menjadi 25 jika mereka mengalahkan Chelsea dan menjadi tim Spanyol keenam yang merebut mahkota di Belfast.

Sebaliknya, ini akan menjadi pertandingan Piala Super UEFA pertama Villarreal; gelar Liga Eropa UEFA, pada kenyataannya, hanya trofi kedua mereka, yang pertama adalah memenangkan kompetisi tingkat ketiga Spanyol pada tahun 1970 (meskipun mereka termasuk di antara tiga klub yang menang melalui Piala Intertoto UEFA pada tahun 2003 dan 2004).

BACA JUGA: Latar Belakang & Fakta Pertandingan Chelsea vs Villarreal

Bola yang akan dipakai pada pertandingan Piala Super UEFA antara Chelsea vs Villarreal.(Foto: Twitter UEFA)
Bola yang akan dipakai pada pertandingan Piala Super UEFA antara Chelsea vs Villarreal.(Foto: Twitter UEFA)

Pemenang Liga Champions UEFA, Bayern Munchen, mengangkat trofi pada tahun 2020, tetapi pola ini tentu tidak selalu terjadi. Pemegang Piala Eropa/Liga Champions UEFA telah memenangkan 25 dari 45 edisi.

Villarreal di tangan pelatih Unai Emery yang berhasil menjuarai Liga Europa 2021, berharap sejarah kembali datang ke klub berjuluk Kapal Selam Kuning.

Apalagi tim asal Spanyol mendominasi raihan gelar juara terbanyak dalam sejarah turnamen ini. Kans Villarreal untuk juara pun masih terbuka lebar.

“Saya telah terlibat dalam dua [Piala Super UEFA sebelumnya]. Saya tidak pernah memenangkannya,” ucap Unai Emery.

“Saya telah memenangkan Piala Super domestik sebelumnya dengan PSG tetapi tidak pernah di Eropa. Kami akan memulai musim dengan menyelesaikan yang terakhir dan sekali lagi berada di pusat dunia sepak bola,” tambah Unai Emery dengan optimistis.

(tdr/Sumber: UEFA)