Chelsea dan Villarreal Diadu di Pertandingan Piala Super UEFA 2021

Trofi Super UEFA.(Foto: Twitter UEFA)
Trofi Super UEFA.(Foto: Twitter UEFA)

DepokToday—Juara Liga Champions, Chelsea, akan menghadapi Villarreal, pemenang Liga Europa. Kedua tim memperebutkan gelar juara Piala Super UEFA 2021.

Belfast’s Windsor Park di Irlandia Utara adalah panggung untuk Piala Super UEFA edisi ke-46, acara tahunan yang diperebutkan oleh pemegang dua kompetisi klub terbesar di Eropa. Pertandingan berlangsung pada Kamis, 12 Agustus 2021 dini hari WIB.

Belfast's Windsor Park di Irlandia Utara, arena pertandingan Chelsea vs Villarreal di Piala Super UEFA 2021.(Foto: Twitter)
Belfast’s Windsor Park di Irlandia Utara, arena pertandingan Chelsea vs Villarreal di Piala Super UEFA 2021.(Foto: Twitter)

BACA JUGA: Kai Havertz Antarkan Chelsea Juara Liga Champions 2021

Di sudut biru, dengan tujuh trofi Eropa, enam gelar liga utama Inggris, dan delapan Piala FA, Chelsea berstatus kampiun Liga Champions UEFA.

Di sudut kuning, dengan gelar divisi ketiga Spanyol tahun 1970 dan dua Piala Intertoto UEFA, Villarreal yang dibesut mantan pelatih Arsenal, Unai Emery, adalah pemegang gelar Liga Eropa UEFA.

BACA JUGA: Sejarah! Trofi Liga Europa Pertama Untuk Villarreal

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, sangat menghormati Villarreal di pertandingan ini. Terlebih lagi dengan Unai Emery, pelatih yang mengoleksi gelar tebanyak Liga Europa.

“Cara yang lebih baik untuk memulai musim daripada dengan final Eropa! Saya sangat menghormati Villarreal dan Unai Emery. Maksud saya, mereka harus segera memanggil [Liga Europa UEFA] Unai Emery Trophy! Dia luar biasa,” kata Tuchel dikutip uefa.com.

Thomas Tuchel mencium trofi Liga Champions.(Foto: Twitter)
Thomas Tuchel mencium trofi Liga Champions.(Foto: Twitter)

Mengenai target, Tuchel tentu ingin memenangkan trofi. “Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk merebut trofi,” tuturnya.

Seakan tak mau kalah, Pelatih Villarreal, Unai Emery, juga ngotot ingin timnya menjadi juara Piala Super UEFA 2021.

“Saya ingin memenangkan Piala Super karena sejauh ini saya belum. Saya telah terlibat dalam dua [pada 2014 dan 2015 dengan Sevilla] dan kehilangan keduanya. Ini akan menjadi cara yang bagus untuk mengakhiri musim lalu,” tegas Emery.

Unai Emery dilempar ke udara oleh para pemain Villarreal.(Foto: Twitter)
Unai Emery dilempar ke udara oleh para pemain Villarreal.(Foto: Twitter)

“Kami sekali lagi bisa menciptakan sejarah dan mencapai sesuatu yang luar biasa menjelang musim baru. Piala Super akan menunjukkan kemampuan kami melawan tim papan atas seperti Chelsea, juara bertahan Eropa, dan bagi saya, tim terbaik di dunia,” sambungnya.

Bagi Chelsea, pertandingan ini menjadi kali kelima, di mana dari empat kesempatan merebut Piala Super hanya satu yang berhasil dimenangkan Chelsea.

Gelar juara itu datang pada tahun 1998 saat Chelsea mengalahkan Real Madrid 1-0 melalui gol semata wayang Gus Poyet pada menit 82 di Stadion Louis II, Monako, Prancis.

Chelsea kemudian mendapat tiga kesempatan berikutnya, masing-masing tahun 2012 (kalah 1-4 dari Atletico Madrid di Monako), tahun 2013 (kalah adu penalti 4-5 (2-2) dari Bayern Munich di Praha), dan 2019 (kalah adu penalti 4-5 (2-2) dari Liverpool di Istanbul).

Sementara untuk Villarreal, perebutan Piala Super UEFA 2021 adalah pertama kalinya, sama seperti gelar juara Liga Europa musim 2020/2021.

(tdr/*)