Cetak Gol ke-1.000 Piala Emas, Begini Perasaan Kevin Fortune

Sejumlah pemain yang pernah mencetak gol kelipatan 100 di Piala Emas.(Foto: Twitter Gold Cup)
Sejumlah pemain yang pernah mencetak gol kelipatan 100 di Piala Emas.(Foto: Twitter Gold Cup)

FRISCO, TEXAS—Martinik memang sudah tersingkir dari Piala Emas Concacaf 2021 usai kalah 1-2 dari Haiti, tapi mereka meninggalkan jejak sejarah di turnamen ini.

Kevin Fortune mencetak gol untuk Martinik di menit ke-53, merubah skor 1-1 saat bentrok dengan Haiti di pertandingan terakhir Grup B, Senin 19 Juli 2021 pagi WIB.

DIBACA JUGA: Martinik Keok dari Haiti, Tapi Pemainnya Cetak Sejarah 1.000 Gol

Dia tidak tahu pada saat itu, tetapi dia benar-benar mencetak gol ke-1.000 untuk Piala Emas. Gol Piala Emas ke-1.000 tercipta melalui sundulan kepala Fortune.

Meskipun Les Matinino—julukan Martinik—harus menderita kekalahan 2-1 melawan Les Grenadiers (Haiti-red), Fortune senang menjadi bagian kecil dari sejarah Piala Emas.

“Saya senang bisa mencetak gol, tapi sedih dengan hasilnya,” jelas Fortune sebagaimana dikutip dari concacaf.com.

Kevin Fortune.(Foto: Twitter Gold Cup)
Kevin Fortune.(Foto: Twitter Gold Cup)

“Kami pikir kami bisa berbuat lebih baik melawan Haiti. Yang baik adalah mengambil hal positif dan menjaga kepala kita tentang hal itu,” jelasnya.

Fortune senang skuat Martinik mampu membuat tanda dengan cara yang positif di Piala Emas. Versi turnamen saat ini dimulai pada tahun 1991 dan kompetisi ini sekarang menjadi ajang utama bagi tim Concacaf.

Ia mengatakan, Martinik dapat mengambil beberapa hal positif dari perjuangan keras melawan Haiti. “Saya tidak tahu kapan saya mencetaknya,” kata Fortune tentang pencapaian sejarah tersebut.

“Saya diberitahu di akhir pertandingan. Saya senang, tetapi sekarang, kami harus kembali bekerja dan perlu meningkatkan diri untuk tampil lebih baik di lebih banyak turnamen,” sambungnya.

DIBACA JUGA: Amerika Serikat Belum Terkalahkan di Piala Emas 2021

Buku sejarah Piala Emas akan selalu mengingat bahwa gol ke-1.000 dicetak oleh seorang pemain yang bermain untuk Martinik.

“Ini adalah hiburan kecil, tapi saya berharap orang-orang Martinik setidaknya akan senang dengan itu,” harap Fortune.

Selebrasi Kevin Fortune usai mencetak gol.(Foto: Twitter Gold Cup)
Selebrasi Kevin Fortune usai mencetak gol.(Foto: Twitter Gold Cup)

Fortune adalah pemain kesepuluh yang namanya tercatat sebagai pencetak gol genap di Piala Emas.

Dikutip dari twitter Misterchip (Alexis), pemain pertama yang membuat rekor gol ke-100 Piala Emas adalah Hector Wright (KostaRika) tahun 1993.

DIBACA JUGA: Meksiko Rebut Posisi Juara Grup B dari El Salvador

Gol ke-200 Piala Emas terjadi pada tahun 2000 yang dibukukan oleh Gonzalo Martinez (Kolombia).

Pemain Jamaika, Onandi Lowe membuat gol ke-300 Piala Emas di tahun 2003. Gol ke-400 diciptakan Ricardo Fuller(Jamaika) tahun 2005. Sedangkan gol ke-500 Piala Emas disumbang oleh Miguel Sabah(Meksiko)tahun2009.

Carlo Ruiz dari Guatemala mencetak gol ke-600 Piala Emas tahun 2011. Untuk gol ke-700 dilesakkan oleh Sheldon Bateau (Trinidad dan Tobago) tahun 2015.

Gol ke-800 Piala Emas milik Junior Hoilett (Kanada) pada tahun 2017. Dan gol ke-900 terjadi di tahun 2019 oleh Christian Pulisic (Amerika Serikat).

(tdr/Sumber: concacaf.com)