Cerita Jembatan Panus, Dikenal Angker Hingga Misteri Kemunculan Hantu Pasutri

Jembatan Panus (Istimewa)
JeJembatan Panus (Istimewa)

DepokToday – Bangunan bersejarah di Kota Depok menjadi daya tarik tersendiri untuk ditelusuri. Tidak jarang, sejumlah bangunan tua ini memiliki kisah mistis di dalamnya. Contohnya saja jembatan Panus yang kerap dihubungkan dengan cerita hantu.

Warga Depok tentunya tidak asing dengan keberadaan jembatan yang memiliki panjang sekira 100 meter ini.

Berdasarkan data yang dihimpun, jembatan ini diketahui dibuat seorang Belanda bernama Stephanus Jonathan pada tahun 1917 dan menjadi akses penting jalan dari Depok menuju Bogor pada saat itu. Nama jembatan Panus sendiri diambil dari nama pembuat jembatan. Meski begitu sejumlah kisah lain dari pembuatan jembatan ini juga muncul.

Di jembatan ini, konon kerap muncul sosok hantu pria tua yang banyak dikatakan sebagai Stephanus. Mengutip dari Otosia.com, Sosok hantu itu lebih sering dikenal sebagai hantu Opa Panus.

Tidak hanya sosok pria tua yang diduga sebagai Opa Panus. Tapi ada lagi sosok hantu perempuan yang kerap muncul dengan baju merah di jembatan tersebut.

Konon, perempuan berbaju merah ini merupakan istri dari Stephanus yang memilih mengakhiri kehidupannya di jembatan tersebut.

Baca Juga: Tanjakan Keramat, Jalan Bernuansa Mistis di Perbatasan Depok

Dari cerita mulut ke mulut, kisah itu diyakini benar oleh warga sekitar. Istri Stephanus warga pribumi itu diyakini bunuh diri di jembatan Panus karena ditinggal sang suami.

Penampakan hantu pasangan suami istri alias pasutri itu kerap terlihat melintasi jembatan tersebut. Bahkan hantu Opa Panus itu sering terlihat lewat sedang membawa anjing berwarna putih.

Penampakan hantu Opa Panus sering muncul saat tengah malam. Selain muncul bersama Opa Panus, penampakan sosok perempuan pribumi berbaju merah yang disebut sebagai istri Stefanus juga kerap muncul sendirian. (lala/*)