Cegah Membludaknya Pengunjung, TNI-Polri Siaga di Mall  

0
283
Kapolres Metro Depok, Kombes Azis bersama Dandim 0508/Depok, Kolonel Inf Agus meninjau mall (Istimewa)

MARGONDA– Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah mengimbau para pengelola mall untuk tetap mematuhi protokol kesehatan terkait pencegahan Covid-19. Salah satu yang ditekankan Azis adalah jumlah pengunjung yang hanya dibolehkan 50 persen.

Kemudian untuk menghindari menumpuknya antrian di pintu masuk mall, Azis menyarankan agar pengelola melakukan penyekatan di pintu masuk kendaraan.

“Tutupnya di pinggir jalan, begitu di sini penuh maka di pinggir jalan yang ditutup mall belum bisa dimasuki makanya orang langsung lanjut jadi nutupnya tidak di lobby. Kalau tutupnya di lobby maka akan ada penumpukan antrian, itu akan sulit dikendalikan,” katanya saat melakukan pengawasan di pusat perbelanjaan Margo City, Depok pada Kamis 18 Juni 2020

Azis menilai, pergerakan pengunjung dalam area mall harus benar-benar diatur demi keamanan bersama. Sesuai aturan, hanya diperbolehkan 50 persen dari kuota normal.

“Tetap diatur sedemikian rupa yang jelas itu penting ketika penghitungan di dalam terasa sudah cukup padat atau sesuai tercapai 50 persen maka tutupnya bukan di lobby,” ujarnya

Untuk pengunjung anak-anak dan lansia, kata Azis diimbau tidak masuk dalam mall. “Untuk lansia dan anak-anak atau yang memiliki penyakit tertentu dianjurkan untuk tidak keluar. Masyarakat juga harus sadar menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya di dampingi Dandim 0508 Depok, Kolonel Inf Agus Israk Miraj.

Lebih lanjut Azis menilai, sejauh ini pusat perbelanjaan sudah menerapkan protokol kesehatan. Misalnya mengatur jarak antrian, penyediaan tempat cuci tangan maupun hand sanitizer dan pembatasan kuota hingga 50 persen. Pihaknya juga menempatkan anggota di mall untuk mengatur pengunjung.

“Sekitar 15-25 personil di satu mall. Kalau dari polres kami tempatnya Polwan karena prediksi kita yang belanja untuk pertama kali itu ibu-ibu. Makanya kita menurunkan polwan.”

Pihaknya juga bersinergi dengan TNI dari Kodim 0508/ Depok untuk melakukan pengamanan di mall. “Jadi Polri maupun TNI membantu mendisiplinkan. sekat berikutnya yang penting pengelola juga mau tapi yang penting bagi masyarakat itu sendiri yang harus sadar menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya

Sementara itu, Marcom Manager Margo City Reza Ardiananda mengaku,  pihaknya tidak memberikan batasan pengunjung yang akan datang ke Margo City. Hanya saja protokol kesehatan tetap harus diterapkan dan dipatuhi juga oleh pengunjung.

“Untuk saat ini tidak ada peraturan seperti itu jadi baik lansia maupun anak kecil boleh mengunjungi Margo City asal menuruti protokol kesehatan yang akan ditetapkan dan tetap menjaga physical distancing dan yang pasti untuk anak kecil tetap harus dijaga oleh orang tuanya,” kata Reza. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here